Malam Lailatul Qadar, Apa Artinya?

Puti Yasmin - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 07:25 WIB
Saat Umat Muslim Dunia Berlomba Raih Lailatul Qadar

Di bulan Suci Ramadhan, ada satu malam yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat Muslim di seluruh dunia. Lailatul Qadar. Malam yang biasa disebut malam seribu bulan itu jatuh pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan.
Malam Lailatul Qadar, Apa Artinya?Foto: AFP via Getty Images/ISHARA S. KODIKARA
Jakarta -

Bulan Ramadhan telah memasuki bagian 10 malam terakhir. Umat Islam pun berbondong-bondong mencari Lailatul Qadar atau malam kemuliaan.

Ada banyak rahmat yang diturunkan oleh Allah di malam itu. Dalam Quran surat Al-Qadr ayat 3, Allah SWT berfirman keistimewaan Lailatul Qadar dibanding malam yang lainnya adalah lebih baik daripada seribu bulan.

Arab: لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

Latin: lailatul-qadri khairum min alfi syahr

Artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

Dikutip dari Aljazeera, tak ada yang tahu pasti tanggal turunnya malam Lailatul Qadar. Tetapi, malam kemuliaan itu diyakini berlangsung di salah satu hari pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

Ada banyak umat Islam yang percaya Lailatul Qadar terjadi di malam hari ke-27 bulan Ramadhan atau tanggal ganjil. Ini mengacu pada hadits riwayat Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda Lailatul Qadar terjadi di malam ganjil.

"Cari lah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan."

Keutamaan Lailatul Qadar lainnya adalah waktu turunnya Al Quran melalui Nabi Muhammad SAW. Setelah malam itu, Rasulullah terus menerima wahyu Al Quran selama 23 tahun.

Dalam surat Al-Qadar ayat 1, Allah SWT berfirman,

Arab: اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Latin: innā anzalnāhu fī lailatil-qadr

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.

Untuk mencari malam Lailatul Qadar, umat Islam di seluruh dunia biasanya pergi ke masjid dan melaksanakan sholat dan ibadah lainnya. Bahkan, di Palestina, puluhan ribu umat Islam mengunjungi Masjid Al-Aqsa untuk berdoa di malam Lailatul Qadar.

Selain itu, di Mekah dan Madinah, ratusan ribu orang mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk beribadah dan mencari malam Lailatul Qadar.

Namun di tahun ini, sebagian masjid di seluruh dunia ditutup sehingga umat Islam disarankan untuk beribadah dari rumah. Hal ini guna mencegah penyebaran virus corona yang telah menginfeksi lebih dari 4 juta orang di seluruh dunia.

(pay/erd)