Dua Anak Pasien 01 Tambah Daftar Pasien Sembuh Corona di Gorontalo

Ajis Khalid - detikNews
Sabtu, 16 Mei 2020 17:56 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi virus Corona. (Edi Wahyono/detikcom).
Gorontalo -

Tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Gorontalo menyatakan jumlah pasien yang sembuh terus bertambah. Dua anak dari pasien 01 asal Desa Tumbihe Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, yaitu pasien 16 dan 17 sembuh dari Corona serta sudah diizinkan pulang.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Gorontalo, Triyanto Bialangi menjelaskan, pihaknya menerima hasil Lab BPOM bahwa pasien 16, inisial JPD anak keempat dari pasien 01 terkonfirmasi hasil swab negatif. Kemudian saudara dari JPD, SKKD juga hari ini dinyatakan telah sembuh.

"Hasil pemeriksaan Lab BPOM yang baru kita terima satu orang lagi dinyatakan sembuh. Yang sembuh ini adalah pasien 17, inisial SKKD. Jenis kelamin perempuan. Dia adalah anak kelima dari pasien 01 yang sudah sembuh. Riwayatnya, dilakukan swab test pertama 7 Mei 2020 hasil positif. SWAB kedua, 14 mei hasilnya negatif dan swab ketiga diperiksa hari ini negatif. Keadaan umum pasien baik. Dia dirawat selama 10 hari. Dan Alhamdulillah sudah bisa pulang," jelas Triyanto Bialangi, Sabtu (16/5/2020).

Tidak hanya pasien sembuh, tim gugus tugas juga menerima hasil laboratorium dari BPOM adanya tambahan 1 orang positif Corona. Ia dinyatakan positif Corona setelah kontak dengan pasien 21.

"Kita ketambahan satu pasien baru. Kami sebut pasien 23. Inisial ML, laki-laki usai 33 tahun alamat Dulalowo, Kota Gorontalo. Riwayat perjalanan terjangkitnya adalah melakukan perjalanan dari Sukabumi ke Gorontalo 23 Maret, dan langsung menjalani karantina. Saat karantina dilakukan, rapid test hasil negatif. Dilakukan tes kedua, 12 April hasilnya juga non-reaktif," ungkap Triyanto.

Namun pada 12 April usai karantina, pasien 23 kembali ke rumah di Kota Gorontalo. Pada tanggal 3 Mei, pasien ini kontak dengan pasien 21. Dilakukan rapid ketiga 10 Mei dengan hasil negatif. Tapi karena pasien 21 positif swab dan ada kontak langsung dengan pasien 23 ini, kata Triyanto, maka dilakukan pemeriksaan lagi.

"Seluruh yang berkontak langsung dengan pasien 21 diperiksa termasuk pasien 23 ini dilakukan swab dan terkonfirmasi positif PCR," ucap mantan Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo ini.

Hingga kin Sabtu (16/5) siang, data terkonfirmasi positif Corona di Provinsi Gorontalo berjumlah 23 orang. 1 orang dinyatakan meninggal, 16 orang sembuh dan 6 orang masih dirawat di Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Kota Gorontalo.

(elz/elz)