Sidang Isbat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Digelar dengan Protokol Kesehatan

Rosmha Widiyani - detikNews
Sabtu, 16 Mei 2020 15:45 WIB
Petugas Masjid Al-Musyariin melihat posisi hilal (bulan sabit muda) menggunakan teropong untuk menentukan 1 Ramadhan 1441 H di Jakarta Barat, Kamis (23/4/2020). Berdasarkan pantauan hilal di beberapa daerah, Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada Jumat (24/4/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA/Sidang Isbat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Digelar dengan Protokol Kesehatan
Jakarta -

Kementerian Agama akan kembali menggelar sidang isbat akhir Ramadhan 2020 dan 1 Syawal 1441 H, yang merupakan Hari Raya Idul Fitri. Sidang isbat akan digelar pada Jumat 22 Mei 2020 lengkap dengan protokol kesehatan

"Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Agus Salim, Sabtu (16/5/2020).

Menteri Agama Fachrul Razi dijadwalkan memimpin langsung sidang isbat 1 Syawal 1441 H. Agus menjelaskan, tidak semua perwakilan akan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama. Peserta dari unsur pimpinan ormas akan mengikuti pertemuan online.

Peliputan juga dilakukan secara terbatas bekerja sama dengan TVRI dan TV Pool. Menurut Agus, pihaknya juga memanfaatkan live streaming untuk menyiarkan sidang isbat melalui media sosial.

Sidang isbat akan dilakukan dengan tahapan yang sama seperti Ramadhan tahun sebelumnya. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441 H yang dilakukan anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Setelah Magrib, sidang Isbat dibuka Menteri Agama RI yang dilanjutkan laporan data hisab. Hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia juga akan dipaparkan di sesi tersebut

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," kata Agus.

Tonton juga video 'Penjelasan MUI soal Fatwa Panduan Salat Idul Fitri Saat Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]






(row/erd)