Loyalis Amien Rais: Saat Ini yang Sengkuni Justru Pimpinan PAN

Elza Astari Retaduari - detikNews
Sabtu, 16 Mei 2020 14:49 WIB
Logo PAN - 2019
Ilustrasi PAN (Foto: dok. redaksi)
Jakarta -

Isu soal Sengkuni di tubuh Partai Amanat Nasional (PAN) terus bergulir. Masih tak terima atas pernyataan salah satu jajaran pengurus PAN, loyalis Amien Rais memberi balasan.

"Siapa Sengkuni di PAN, itu adalah orang-orang yang masuk atau disusupkan pimpinan PAN ke dalam kepengurusan PAN," ungkap salah satu loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kepada detikcom, Sabtu (16/5/2020).

Istilah Sengkuni ini berawal dari pernyataan Wakil Bendahara Umum DPP PAN Rizki Aljupri. Ia awalnya mengomentari soal mundurnya Hanafi Rais dari PAN hingga kemungkinan munculnya partai baru yang diprakarsai oleh para loyalis Amien Rais. Rizki menyebut PAN justru bersyukur karena PAN kini lepas dari orang-orang yang memiliki karakter Sengkuni.

Pernyataan Rizki itu berujung panjang. Loyalis Amien Rais panas hingga akhirnya DPP PAN menyampaikan permintaan maaf. Hanya, rupanya pendukung mantan Ketua Dewan Kehormatan PAN itu masih sakit hati.

Agung Mozin menyebut saat ini pengurus PAN tidak memahami landasan perjuangan partai bentukan Amien Rais. Ia menilai justru pimpinan PAN-lah yang memiliki karakter Sengkuni.

"Mereka itu yang tidak paham apa yang menjadi landasan perjuangan partai dan tiba-tiba sudah masuk menjadi pengurus harian partai sebagai elite baru cuma karena kedekatan-kedekatan dengan anggota keluarga atau istri pimpinan PAN," sebut Agung.

"Saat ini justru pimpinan PAN dan rombongannyalah yang Sengkuni sesungguhnya, di mana mengelola partai justru melibatkan anak dan istrinya dalam rapat-rapat partai termasuk menentukan nama-nama yang jadi pengurus DPP PAN," sambungnya.

Tonton juga video Pengurus Baru PAN: Dua Anak Amien Rais Masuk:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2