Keren! Babinsa di Gorontalo Ini Bagikan Takjil Keliling Desa dari Sisihkan Gaji

Ajis Khalid - detikNews
Sabtu, 16 Mei 2020 14:00 WIB
Koptu Ishak Nur bagikan takjil keliling desa dengan motor modifikasi
Koptu Ishak Nur membagikan takjil keliling desa dengan motor modifikasi. (Foto: dok. Istimewa).
Gorontalo -

Berbagai cara dilakukan untuk berbagi kebaikan. Di Gorontalo, anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1314/Batudaa, Koptu Ishak Nur, menyisihkan gaji bulanannya untuk dibuat makanan buka puasa atau menu takjil yang dibagikan kepada warga Desa Botu Boloe, Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo.

Untuk membawa makanan takjil berkeliling dusun desa, Koptu Ishak menggunakan motor dinasnya yang sudah dimodifikasi dengan menambahkan kotak besar di bagian belakang. Bagi-bagi menu takjil ini dilakukan Koptu Ishak lantaran di tengah pandemi virus Corona, masyarakat tak diperkenankan melakukan buka bersama seperti yang biasanya dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Ini karena ada imbauan tidak melakukan buka puasa di masjid selama ada virus Corona. Jadi kami antarkan makanan takjil atau kue atau makanan ke rumah-rumah warga. Ini inisiatif saya karena ingin membatu warga apalagi dalam kondisi ada wabah Corona," kata Koptu Ishak Nur ketika berbincang dengan detikcom, Sabtu (16/5/2020).

Dia menyatakan aksi keliling dusun untuk membagikan makan buka puasa sudah dilakukan selama tiga hari. Satu hari bagi-bagi takjil hanya dilakukan di satu dusun karena terkendala jarak.

"Saya hanya bisa membawa 50 paket makanan buka puasa untuk dibagikan ke satu dusun," ucap Koptu Ishak, yang juga anggota Tim Gugus COVID-19 Kecamatan Dungaliyo.

Koptu Ishak mengungkapkan apa yang dilakukan dirinya murni untuk membantu warga dan tidak ada pamrih. Takjil untuk warga dari penghasilannya.

"Sumber dana yang saya gunakan adalah dari gaji saya dan juga ada saya dapat tunjangan Babinsa selama 3 bulan dirapelkan. Saya ikhlaskan untuk membantu warga. Saya sudah minta izin ke istri saya untuk menyumbangkan gaji saya, dan mendapat dukungan," tuturnya.

Tukang Cukur Jokowi Diberikan 30 APD dari Danrem 061/SK:

Ditambahkan Koptu Ishak, dirinya akan berhenti keliling dusun untuk membagikan takjil saat akan mendekati hari Lebaran. Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1314 Gorontalo Utara (Gorut) Letkol Inf Firstya Andrean Gitrias mengapresiasi apa yang dilakukan anggotanya.

"Sebagai Komandan Kodim, saya terus memberikan motivasi dan spirit kepada anggota di jajaran Koramil untuk senantiasa memberikan gerakan sosial pada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Apalagi di bulan suci Ramadhan dan pandemi COVID-19. Apa yang dilakukan Koptu Ishak Nur itu contoh yang baik," ucap Firstya.

Koptu Ishak Nur bagikan takjil keliling desa dengan motor modifikasiKoptu Ishak Nur membagikan takjil keliling desa dengan motor modifikasi. (Dok Istimewa).

Dia menyatakan saat ada wabah Corona di bulan puasa ini, Kodim dan seluruh anggotanya bersama pemerintah membantu warga yang membutuhkan.

"Karena kami mempunyai slogan 'Bersama Rakyat, TNI kuat'. Slogan tersebut sebagai sebuah acuan, pandangan, serta pemahaman dalam bersikap yang harus diterapkan dan dilakukan di dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam pelaksanaan tugas pokok sebagai seorang prajurit TNI," tuturnya.

(elz/elz)