Polda Sulsel Serahkan Penanganan Babinsa yang Ditembak Polisi ke TNI

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 16 Mei 2020 12:07 WIB
Lokasi anggota Polrestabes Makassar tembak istri dan anggota TNI di Jeneponto (dok. Istimewa)
Lokasi anggota Polrestabes Makassar menembak istri dan anggota TNI di Jeneponto. (Foto: dok. Istimewa)
Makassar -

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menyerahkan pemeriksaan Serda H, oknum Babinsa yang ditembak polisi, ke institusi TNI. Artinya, penanganan insiden penembakan Serda H oleh Bripka H diambil alih oleh institusi masing-masing.

"Ya betul, seperti itu (pemeriksaan diambil alih institusi masing-masing)," ujar Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe saat dihubungi, Sabtu (16/5/2020).

Bripka H sudah diamankan dan menjalani pemeriksaan di Propam Polda Sulsel. Namun polisi belum merilis hasil pemeriksaan dari Bripka H.

"Masih diperiksa dan ditahan di Polda," kata Mas Guntur.

Senada dengan Guntur, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo mengatakan Polisi Militer dan polisi sejak awal bersama-sama melakukan koordinasi, termasuk saat turun tangan ke lokasi kejadian.

"Polda dan Kodam intens berkoordinasi sejak awal, langsung Bapak Kapolda dan Pangdam serta Danrem yang berkoordinasi, juga Kapolres dan Dandim," ucap Ibrahim saat dihubungi terpisah.

"Untuk penanganan kasusnya, sejak awal Propam dan Pom TNI melaksanakan tindakan pertama di TKP dan terus berkoordinasi secara teknis untuk penanganan proses perkaranya," terang Ibrahim.

Simak juga video Babinsa di Baubau Tewas Dibacok, Pelaku Diburu Polisi:

Kendati demikian, Ibrahim belum merilis hasil pemeriksaan Propam Polda Sulsel terhadap Bripka H. Namun dia berjanji pihaknya akan merilis perkembangan penanganan perkara ini.

"Nanti akan diinformasikan perkembangannya," pungkas Ibrahim.

Sementara itu, terhadap Serda H, pihak TNI belum melakukan pemeriksaan keterangan terhadapnya. Serda H saat ini baru saja menjalani operasi pada dada kanan dan pangkal paha kanan.

"Sudah (diangkat proyektil di tubuhnya)," ujar Kapendam XIV/Hasanuddin Kolonel Maskun Nafik kepada wartawan, Sabtu (16/5/2020).

Kini Serda H masih menjalani perawatan alias pemulihan kondisinya di RS Pelamonia, Makassar. Maskun menyebut Serda H sudah bisa diajak bicara.

"Masih dirawat di rumah sakit, tadi malam sudah bicara-bicara, sudah bisa diajak ngobrol," terang Maskun.

Tonton juga video 'Babinsa di Baubau Tewas Dibacok, Pelaku Diburu Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)