Cegah Corona, Ini Pantangan saat Pakai Sarung Tangan Sekali Pakai

Yudistira Imandiar - detikNews
Sabtu, 16 Mei 2020 09:10 WIB
Sarung Tangan
Foto: shutterstock
Jakarta -

Selain masker, sarung tangan sekali pakai bahan latex dan PVC menjadi alat pelindung diri (APD) yang banyak digunakan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Penggunaan sarung tangan bertujuan agar virus tidak menempel langsung di tangan.

Namun, menggunakan sarung tangan tidak seratus persen menjamin keamanan dari COVID-19. Masih ada kemungkinan virus menempel di sarung tangan dan menyebar lewat sentuhan.

Melansir berbagai sumber, ada beberapa hal yang pantang dilakukan saat memakai sarung tangan, untuk mencegah penyebaran COVID-19.

  1. Memegang wajah

Ada kemungkinan virus Corona menempel di sarung tangan sekali pakai. Sangat berisiko jika seseorang memegang wajahnya meskipun sudah menggunakan sarung tangan, karena virus tetap bisa terhirup ke saluran pernapasan.

  1. Menyentuh bagian luar sarung tangan

Sarung tangan sekali pakai mesti dibuang setelah selesai digunakan. Cara membukanya, yaitu dengan menarik sisi bagian dalam yang menempel dengan telapak tangan hingga sisi luar dan dalam berbalik posisinya. Setelah itu langsung buang sarung tangan dan langsung cuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer

  1. Menggunakan berkali-kali

Sarung tangan sekai pakai yang sudah digunakan wajib dibuang, karena sudah terpapar berbagai benda asing. Jangan beranggapan sarung tangan masih nampak bersih lalu menggunakannya kembali, karena virus tidak bisa terlihat secara kasat mata.

  1. Tidak mencuci tangan

Meskipun menggunakan sarung tangan, tetap dianjurkan mencuci tangan dengan air dan sabun atau setidaknya menggunakan hand sanitizer. Sebab, tetap ada risiko virus menempel di tangan sebelum dan setelah menggunakan sarung tangan.

Tidak ada salahnya mengenakan sarung tangan untuk menghindari risiko penularan virus Corona, asal tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah dan benda-benda di sekitar.

Kamu yang butuh sarung tangan latex dan PVC, bisa mendapatkan mendapatkan berbagai macam produk pencegahan untuk tetap sehat melawan COVID-19 seperti masker, sarung tangan karet, sarung tangan plastic, termometer, hand sanitizer dan sebagainya dengan harga spesial.

Produk pencegahan COVID-19 tersebut bisa kamu dapatkan lengkap lewat e-Catalogue Transmartyang langsung bisa diakses melalui aplikasi detikcom. Caranya, dengan mengklik menu 'Layanan' kemudian pilih Transmart. Promo ini berlangsung mulai dari 15 Mei hingga 28 Mei 2020.

Simak juga video Pasien Terduga Positif Corona di Tasik Ngamuk Saat Dijemput Petugas:

(ega/ega)