Jangan Coba-coba, Ini Bahaya Buat Hand Sanitizer Sendiri

Yudistira Imandiar - detikNews
Sabtu, 16 Mei 2020 08:50 WIB
hand sanitizer
Foto: shutterstock
Jakarta -

Dalam situasi pandemi COVID-19, di dunia maya sempat beredar tutorial untuk membuat hand sanitizer sendiri bermodal alkohol murni dan gel aloe vera. Hal itu tidak efektif dan berbahaya, karena pembuatan hand sanitizer butuh takaran presisi.

Hand sanitizer dapat membunuh mikroorganisme, termasuk virus Corona dengan takaran alkohol dan kandungan lain yang sudah teruji klinis. Oleh sebab itu, hand sanitizer tidak bisa dibuat sembarangan dengan bahan ala kadarnya.

Melansir berbagai sumber, penggunaan alkohol dengan kadar yang tidak tepat menimbulkan efek samping berbahaya, antara lain iritasi hingga membakar kulit. Mempertimbangkan risiko tersebut, sangat tidak dianjurkan membuat hand sanitizer sendiri bermodal tutorial dari internet.

Selain itu, Hand sanitizer diproduksi di fasilitas produksi yang steril untuk mencegah kontaminasi mikroorganisme berbahaya. Membuat hand sanitizer di rumah sudah tentu tidak terjamin kebersihannya sehingga rentan terkontaminasi bakteri, jamur, maupun virus.

Alkohol 96 persen atau malah 70 persen, dikombinasikan dengan gel aloe vera untuk membuat sendiri hand sanitizer pun terbukti tidak ampuh membunuh virus. Campuran dari dua bahan tersebut akan menghasilkan alkohol dengan kadar di bawah 60 persen, tidak memenuhi standar untuk melenyapkan virus dan sejenisnya.

Kamu yang butuh hand sanitizer juga bisa mendapatkan berbagai macam produk pencegahan untuk tetap sehat melawan COVID-19 seperti masker, sarung tangan karet, sarung tangan plastik, termometer, hand sanitizer dan sebagainya dengan harga spesial.

Produk pencegahan COVID-19 tersebut bisa kamu dapatkan lengkap lewat e-Catalogue Transmartyang langsung bisa diakses melalui aplikasi detikcom. Caranya, dengan mengklik menu 'Layanan' kemudian pilih Transmart. Promo ini berlangsung mulai dari 15 Mei hingga 28 Mei 2020.

Cegah Corona! Ini Tutorial Pembuatan Hand Sanitizer Sendiri:

(ega/ega)