Manfaatkan PSBB, Pria di Depok Tertangkap Usai Tipu ABG

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 16:21 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Seorang pria di Depok ditangkap oleh pihak kepolisian lantaran membawa lari dua remaja. Pria itu disebut melakukan penipuan dengan berpura-pura sebagai anggota polisi yang sedang melakukan patroli PSBB.

Kasat Reskrim Polrestro Depok, Kompol Deddy Kurniawan menyebut kejadian itu terjadi di Jalan Taman Merdeka, Mekar Jaya, Sukamajaya, Depok, pada Kamis (14/5) sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu, tersangka inisial MR menghampiri dua korban, NA (13) dan AQ (13) yang sedang menunggu angkot bersama teman-temannya.

"Pelaku mengaku sebagai anggota Kepolisian yang sedang melaksanakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar)," kata Deddy dalam keterangannya, Jumat (15/5/2020).

Deddy menyebut pelaku berpakaian bebas dan menggunakan rompi serta HT selayaknya anggota kepolisian. Setelah menghampiri korban, pelaku menyebut korban dan teman-temannya melanggar PSBB dan meminta paksa handphone para korban.

"Pelaku mengatakan 'kalian ngapain ngumpul-ngumpul, kalian sudah melanggar PSBB. Ayo ikut saya ke kantor polisi'. Kedua korban merasa takut dan mengikuti semua perintah pelaku," ucapnya.

Namun setibanya di Jalan Ciputat Raya, MR diberhentikan oleh pihak kepolisian karena ada pemeriksaan PSBB dan membonceng dua orang di motornya. Karena terdesak, sebut Deddy, akhirnya MR mengakui semua perbuatannya.

"Pelaku tidak dapat menunjukkan surat-surat kendaraan dan membonceng lebih dari 1 orang, yang pada akhirnya sudah pelaku mengakui atas perbuatannya dan diamankan oleh pihak kepolisian," ujar Deddy.

MR pun saat ini sudah ditahan di Polres Metro Depok. Atas perbuatannya MR dikenakan Pasal 378 KUHP terkait tindak pidana penipuan.

Simak juga video Remaja Ini Cekoki ABG Miras Lalu Diperkosa di Semak-semak:

(maa/mea)