Daftar Lokasi Tes Rapid Test dan PCR COVID-19

Niken Widya Yunita - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 14:53 WIB
Puluhan Karyawan Otsuka dan Molindo Jalani Rapid Test
Foto: Muhammad Aminudin/Daftar Lokasi Tes Rapid Test dan PCR COVID-19
Jakarta -

Rapid test dan polymerase chain reaction (PCR) test untuk pemeriksaan virus corona masih terus dilakukan di beberapa tempat. Ada yang massal dan ada yang mandiri.

Rapid test COVID-19 adalah pemeriksaan dengan menguji sampel darah. Sampel darah itu digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yaitu antibodi yang terbentuk apabila tubuh mengalami infeksi. Dengan rapid test, pasien tahap awal infeksi COVID-19 dapat bisa diidentifikasi lebih cepat.

Sedangkan PCR test adalah jenis pemeriksaan yang menggunakan sampel usapan lendir dari hidung atau tenggorokan. Lokasi ini dipilih karena menjadi tempat virus bereplikasi.

Virus yang aktif memiliki material genetika yang bisa berupa DNA maupun RNA. Pada virus corona, material genetiknya adalah RNA. Nah, RNA inilah yang diamplifikasi dengan RT-PCR sehingga bisa dideteksi.

Pemeriksaan PCR membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan hasil. Karena hanya dapat dilakukan di laboratorium yang sudah ditunjuk pemerintah.

Kalau ingin mandiri melakukan rapid test, terkadang kita tidak mengetahui RS mana saja yang menjadi rujukan untuk rapid test dan PCR. Ada juga rapid test yang digelar massal namun waktunya biasanya dikondisikan.

Berikut daftar rumah sakit dan tempat untuk rapid test dan PCR:

1. RS Pemerintah

18 Rumah sakit pemerintah di seluruh Indonesia ini menerima pemeriksaan PCR. RS tersebut mendapatkan bantuan PCR dari BUMN. Rumah sakit itu adalah:

a. RS Pertamina Jaya Jakarta
b. RS Pusat Pertamina Jakarta
c. RSUD Wahidin SH Sulawesi Selatan
d. RSUP Sanglah Bali
e. RS Krakatau Medika Banten
f. Labkesda Provinsi Lampung
g. RS Lavallete Jawa Timur
h. RS Pelabuhan Surabaya
i. RS Pelni DKI Jakarta
j. RS Pelabuhan Cirebon
k. RS Pertamina Cilacap
l. RSUD Wongsonegoro Jawa Tengah
m. RSUD Dr Moewardi Jawa Tengah
n. RS Perkebunan Jember
o. RS Pertamina Balikpapan
p. RS Pertamina Sorong
q. RS Pusri Sumatera Selatan
r. RS Pelabuhan Medan

2. Rapid Test dan PCR melalui Aplikasi Halodoc

Rapid test dan PCR yang satu ini bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc. Cara melakukannya, pertama kamu harus mengunduh aplikasi Pulse di Google Play atau App Store. Kemudian registrasi di aplikasi Pulse. Pilih banner free rapid test ini untuk mendapatkan kode voucher.

Pilih Lanjutkan. Kamu akan diarahkan ke aplikasi Halodoc. Setelah masuk ke aplikasi Halodoc, kamu akan diarahkan untuk memilih Lokasi Rapid Test. Kemudian, kamu bisa memilih tempat dan waktu untuk melakukan rapid test.

Rumah sakit rujukan untuk rapid test dan PCR melalui Halodoc yakni:

a. Rapid Test Cengkareng

West One City Jl. Raya Duri Kosambi, RT.8/RW.6, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750, Indonesia

b. Rapid Test Cilandak by Mitra Keluarga

CIBIS Park - No.2, Jalan TB Simatupang, Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

c. Rapid Test Kemayoran by Mitra Keluarga
Parkir Hall C Jiexpo - Jl. Benyamin Suaeb, Pademangan Tim., Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

d. Rapid Test Margomulyo Surabaya by Mitra Keluarga

Jl. Margomulyo Raya No.1, Balongsari, Kec. Tandes, Kota Surabaya, Jawa Timur 60183, Indonesia

3. Puskesmas

Di semua puskesmas di seluruh Indonesia yang ditunjuk pemerintah. Tes berupa rapid test, swab atau tes PCR. Namun rapid test di puskesmas dibatasi untuk mereka yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

4. RSUI Depok

Rapid test, PCR, dan swab test dapat dilakukan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok. Tes dapat dilakukan gratis dengan beberapa syarat.

Syaratnya harus masyarakat Kota Depok yang memiliki KTP atau surat keterangan berdomisili di Depok. Selain itu memiliki indikasi serta rujukan dari rumah sakit atau puskesmas. Pemeriksaan yang dilakukan di RSUI dibiayai oleh Pemerintah Kota Depok, sehingga warga tak perlu mengeluarkan biaya.

5. Rapid Test Massal di Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi menyediakan puluhan ribu alat rapid test hingga akhir Mei 2020. Sistem pemeriksaan melalui drive thru.

Lokasinya di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi. Lokasi itu menjadi pusat penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Bekasi.

Sebelum mengikuti tes, warga Bekasi dapat mendaftar melalui aplikasi Halodoc.

6. Perusahaan Swasta

Kegiatan rapid test digelar perusahaan swasta, antara lain PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis). Rapid tes ini digelar gratis.

Dari Instagram resmi PT Sequis disebutkan, rapid test gratis ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Hermina Kemayoran, Depok, Bekasi, Tangerang, Galaxy dan Ciputat. Acara berlangsung pada 16, 18-20 dan 22 Mei 2020.

Pendaftaran rapid test dibuka pukul 10.00 - 15.00 WIB setiap hari kerja. Rapid test ini terbuka untuk umum.

(nwy/erd)