Kapal Pengangkut Sembako Karam di Pekanbaru, Muatannya Dijarah Warga

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 13:57 WIB
Kapal pengangkut sembako karam di Pekanbaru (Chaidir-detikcom)
Kapal pengangkut sembako karam di Pekanbaru. (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru -

Kapal motor (KM) Putra Sejahtera, yang mengangkut sembako dan material bangunan, karam di sungai Siak yang membelah Kota Pekanbaru. Warga di sekitar lokasi kejadian menjarah isi kapal tersebut.

"Kapal ini bermuatan ada mie, biskuit, telur, sayur-sayuran, pokoknya sembakolah. Ada juga membawa tripleks yang muatan kapalnya sekitar 80 ton. Semua barang dijarah, kita tidak bisa melarang. Mungkin tadi pagi ada 1.000 orang yang datang ke sini untuk mengambil barang-barang," kata pemilik kapal, Ariyanto, kepada wartawan, Jumat (15/5/2020).

Ari menjelaskan kapal ini merupakan milik perusahaan. Barang tersebut akan dibawa ke Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepri.

Dia mengatakan proses pengisian kapal dimulai sekitar pukul 01.00 WIB. Sekitar pukul 05.00 WIB, kapal dengan 6 kru ini mulai berputar untuk meninggalkan pelabuhan rakyat di Kecamatan Lima Puluh.

"Tiba-tiba saja kapal oleng karena derasnya arus sungai. Kapal langsung oleng dan tak lama langsung tenggelam. Tapi 6 kru di dalam kapal semuanya selamat. Kerugian ditaksir sekitar Rp 4 miliar," kata Ari.

Ari mengatakan pihaknya sudah melaporkan peristiwa ini ke polisi. Nantinya, kapal tersebut bakal ditarik.

"Rencana kapal yang tenggelam ini akan kita tarik untuk ditimbulkan kembali," kata Ari.

Simak juga video Bantu Rakyat Kecil, Sembako di Kendari Dihargai Rp 5.000:

(cha/haf)