Kemenhub dan Pelindo II Gelar Aksi Peduli COVID-19 di Tanjung Priok

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 10:13 WIB
Kemenhub
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Pandemi COVID-19 sampai saat ini masih melanda Indonesia. Tidak hanya masalah kesehatan, pandemi COVID-19 juga menimbulkan dampak sosial ekonomi yang dirasakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang sampai harus kehilangan pekerjaannya karena adanya wabah ini.

Pada saat seperti ini, kepedulian sosial terhadap sesama sangat diperlukan khususnya untuk membantu masyarakat yang terkena dampak virus Corona. Kementerian Perhubungan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama dengan PT Pelindo II (Persero) menggelar aksi bersama peduli COVID-19 di lingkungan kerja Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Kita harus tahu bahwa banyak sekali dari saudara-saudara kita yang tidak bekerja. COVID-19 merupakan suatu penyakit yang begitu dahsyat, yang membuat seluruh dunia bermasalah, termasuk Indonesia juga mengalami suatu masalah. Masalah yang utama adalah bagaimana supaya masyarakat tidak kelaparan. Ini suatu kegiatan yang sangat membanggakan dan sangat positif, dan lakukan ini dengan memberikan suatu motivasi, inspirasi dan contoh bagi semua masyarakat untuk peduli terhadap sesama," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam keterangan tertulis, Jumat (15/5/2020).

Budi menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Aksi Peduli COVID-19 ini. "Sekali lagi saya mengapresiasi kegiatan ini sebagai suatu kegiatan yang positif, dan saya pikir kami ASN Kemenhub juga sudah dan akan terus melakukan kegiatan seperti ini baik secara organisasi maupun secara individu kita lakukan bersama-sama," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Laut dalam laporannya yang dibacakan oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jece Julita Piris, mengatakan dalam Aksi Peduli COVID-19 ini, Kemenhub bersama dengan PT Pelindo II telah membagikan bantuan berupa paket sembako sebanyak 1.500 paket kepada masyarakat sekitar Pelabuhan Tanjung Priok, penyerahan sembako gratis berupa voucher elektronik sebanyak 2.070 paket kepada Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), dan penyerahan 10.000 masker kepada para TKBM Pelabuhan Tanjung Priok.

"Untuk menghindari penumpukan massa, kegiatan pemberian sembako telah dimulai pada tanggal 13 Mei 2020 oleh UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, antara lain Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok bersama PT Pelindo II (Persero)," ucap Jece.

Sedangkan pada hari ini, dilaksanakan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan tokoh masyarakat Tanjung Priok, perwakilan Nelayan ARSA, Kresek, Cilincing, Ketua Koperasi Karya Sejahtera TKBM Tanjung Priok, dan petugas kebersihan Pelabuhan Tanjung Priok.

"Atas kepedulian ini, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berkontribusi membantu. Semoga kegiatan positif seperti ini dapat menginspirasi pihak lain untuk melakukan aksi serupa," ujarnya.

Selain itu, dalam rangka mempertahankan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kantor OP Utama Tanjung Priok juga akan mensosialisasikan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama masa mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona, yang dikemas dalam sebuah lagu berjudul Tetap Asik (Tidak Mudik, Tidak Piknik).

Terakhir, Jece berharap melalui aksi peduli ini, peran aktif pemerintah bersama stakehokder pelabuhan diharapkan dapat memberikan sumbangsih positif bagi masyarakat terdampak COVID-19, khususnya yang berada di sekitar pelabuhan Tanjung Priok serta dapat meringankan beban masyarakat akan kebutuhan pokok sehari-hari.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo II (Persero), Arif Suhartono, yang juga hadir di lokasi turut menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi yang telah dibangun antara PT. Pelindo II (Persero) dengan Kementerian Perhubungan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pak menteri dan teman-teman dari Kementerian Perhubungan atas kolaborasinya, semoga ke depan kolaborasi-kolaborasi lainnya dapat berjalan dengan bagus sehingga memberikan dampak positif bagi kita semua," kata Arif.

Dalam kegiatan ini turut serta berpartisipasi melalui Video Conference adalah Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo; Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha; Para Direktur di Lingkungan Ditjen Perhubungan Laut, Para Kepala UPT Wilayah DKI Jakarta di Lingkungan Ditjen Perhubungan Laut, Kepala Kepolisian Resort Pelabuhan Tanjung Priok, General Manager PT Pelindo II (Persero) cabang Tanjung Priok, Para Stakeholders Pelabuhan Tanjung Priok, Ketua Koperasi Karya Sejahtera TKBM Pelabuhan Tanjung Priok, serta Para Tokoh Masyarakat di wilayah sekitar Pelabuhan Tanjung Priok.

Mutasi Virus Corona, Penelitan, dan Kelompoknya di Dunia:

(akn/ega)