Soal Video Polisi Kokang Senpi, Kompolnas: Jika Konsumsi Pribadi Cukup Ditegur

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 08:08 WIB
Viral Polisi Pamer Kokang Senjata
Viral video polisi kokang senpi (Foto: tangkapan layar)
Jakarta -

Kompolnas menilai tindakan polisi muda yang menenteng senjata laras panjang sambil berkata, 'Pacar kamu ganteng? Kaya? Bisa gini nggak', seperti dalam video yang viral bukan ranah pidana jika untuk konsumsi pribadi. Komisioner Kompolnas, Andrea H Poeloengan menyebut tindakan tersebut masuk kategori pelanggaran ringan.

"Kalau untuk konsumsi pribadi, dan posting pada medsos pribadi yang terbatas, sehingga jika ada pemanfaatan oleh pihak ketiga harus sesuai dengan izin yang memiliki, itu bukan masalah pidana. Paling pelanggaran disiplin ringan saja, dan cukup ditegur saja," kata Andrea ketika dihubungi detikcom, Kamis (14/5/2020) malam.

Polri pun sudah meluruskan kasus ini. Bripda GAP polisi muda yang ada di video itu sudah diperiksa oleh propam Polda Metro Jaya. Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan Bripda GAP membuat video itu hanya untuk bercanda tanpa mengirim ke siapa pun.

Andrea berpendapat bahwa dugaan tindak pidana justru dilakukan oleh oknum yang menyebarkan video Bripda GAP. Dia menyerahkan pengusutan kasus tersebut ke pihak polisi.

"Tapi sekali lagi, saya lebih concern apakah Ditkrimsus PMJ benar akan lakukan lidik (penyelidikan), sidik, serius menindaklanjuti laporan dari Bripda GAP karena ini dugaan pidana ITE. Kita lihat bukti keseriusan penanganan," sebut Andrea.

Sebelumnya, video berdurasi singkat yang memperlihatkan seorang polisi muda menenteng senjata laras panjang sambil berkata, 'Pacar kamu ganteng? Kaya? Bisa gini nggak', sambil mengokang senjata viral di media sosial. Video tersebut diunggah dan dikritik oleh akun @kapansarjana_.

"Mohon untuk bpk @DivHumas_Polri kasih tau anak didik njenengan pak, tidak usah sombong sama rakyat, anak didik, juga kalian digaji oleh uang pajak rakyat," cuit @kapansarjana_, seperti yang dilihat detikcom pada Kamis (14/5/2020).

Bripda GAP telah mempolisikan akun @kapansarjana_ yang membagikan video dirinya. Bripda GAP membuat laporan polisi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

Simak juga video Ribut dengan Petugas PSBB, Anggota DPRD Pasaman Minta Maaf:

(eva/zak)