Pandemi Corona, Pemerintah Diminta Beri 7 Insentif Ekonomi ke Industri Pers

Rahel Narda Catherine - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 19:28 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi dampak wabah Corona di di sektor ekonomi (Edi Wahyono-detikcom)
Jakarta -

Sektor industri media turut terdampak akibat wabah virus Corona (COVID-19). Untuk itu, Asosiasi Perusahaan Media dan Asosiasi Profesi Media meminta pemerintah untuk memberikan 7 insentif ekonomi kepada perusahaan media, agar dapat bertahan selama masa pandemi ini.

Asosiasi tersebut terdiri dari Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Serikat Media Siber Indoensia (SMSI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Asosiasi Televisi Jaringan Indoensia (ATVJI), dan Dewan Pers.

"Kita tahu bahwa kondisi di pandemi COVID-19 ini membuat industri pers ini cukup terpukul bahkan terpuruk. Juga bisa dikatakan pendapatan terjun bebas, sedangkan biaya operasional juga harus kita tetap keluarkan. Dan kita juga sebagai Dewan Pers juga harus tetap bertahan untuk berperan dalam penanggulangan COVID ini," kata Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat, Januar P. Ruswita dalam telekonferensi pada Kamis (14/5/2020).

Poin pertama yang disorot dalam 7 insentif ekonomi tersebut adalah meminta pemerintah untuk tetap mengalokasikan dana sosialisasi kebijakan, program atau kampanye penanggulangan COVID-19, baik di tingkat pusat, maupun daerah untuk perusahaan pers. Pemerintah juga diminta untuk memberikan subsidi harga kertas sekitar 20 persen dari harga per kilogram, khususnya untuk media cetak.

"Kita tahu kertas ini merupakan hampir 55% dari biaya produksi sebuah surat kabar atau sebuah media cetak, sehingga kita berharap pemerintah, negara dalam hal ini memberikan subsidi. Di tengah juga dengan kenaikan dolar sekarang, kita tahu bahwa harga kertas terus naik, dan ini tentunya memberatkan kita semuanya terutama media cetak," kata Januar.

Selain itu, Asosiasi Perusahaan Media dan Asosiasi Profesi Media juga mendorong agar pemerintah memberikan insentif subsidi biaya listrik. Dia ingin insentif tersebut diberikan mulai dari periode bulan Mei hingga Desember 2020.

Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat, Januar P. RuswitaKetua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat, Januar P. Ruswita Foto: Tangkapan layar Zoom Meeting

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3