Dear Milenial, Yuk Jadi Generasi Baru Pekebun Kopi

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 17:06 WIB
Mola
Foto: Dok. Mola TV
Jakarta -

Seniman kawakan Butet Kartaredjasa mengingatkan kaum milenial di Indonesia untuk mulai menekuni bisnis kopi dengan menjadi pekebun kopi. Menurutnya, lifestyle kopi yang sedang digandrungi anak muda kini tidak terlepas dari produktivitas para pekebun kopi yang menyuplai dari hulu ke hilir.

"Hari ini anak-anak muda Indonesia lagi gandrung minum kopi. Tapi ingat, dalam minum kopi ada satu mata rantai penting yakni ketersediaan suplai kopi. Artinya di situ ada peluang jika generasi milenial menjadi pekebun kopi, menanam kopi untuk suplai gaya hidup baru," ujar Butet dalam Tayangan Mola TV.

Butet melihat masa depan kopi asal Indonesia akan terus berkembang jika banyak anak muda bangga menjadi pekebun kopi. Mengingat pasar kopi Indonesia di mancanegara kini memberi harapan yang baik bagi kemajuan industri kopi itu sendiri.

"Jadi kalau sekarang sudah menjadi lifestyle anak muda, anak-anak muda Indonesia ini punya harapan besar jika jadi pekebun kopi," ungkapnya.

Hal itu pun diakui oleh pakar kopi asal Banyuwangi Setiawan Subekti. Dalam perbincangannya dengan Butet, Setiawan menuturkan bahwa kopi Indonesia kini memiliki nama baik di mancanegara karena cita rasa otentik kopi nya yang khas.

Sebab, pria kelahiran tahun 1957 tersebut telah memperjuangkan nasib kopi Indonesia yang ada di luar negeri. Jika dulu, kopi asal Indonesia hanya berlabel masing-masing daerah, kini kopi Gayo, Lintong dan kopi asal Sumatera, Java, Kintamani, Toraja dan Papua, sudah menyematkan nama Indonesia dalam setiap kemasannya.

Oleh karena itu, untuk menjaga keseimbangan tersebut, dia juga memperhatikan produktivitas pekebun kopi.

"Ini sangat besar, jadi kita tidak hanya memperhatikan di hilirnya tapi kita juga harus memperhatikan hulu nya," ungkap dia.

Iwan pun berharap ke depan tidaknya lifestyle minum kopi saja yang berkembang. Tapi gaya hidup baru menjadi berkebun kopi yang digemari anak muda kini.

"Saya berharap seperti itu, anak muda akan bangga (bilang) saya punya kebun kopi, sehingga jadi pekebun kopi menjadi lifestyle anak muda saat ini," pungkasnya.

Penasaran dengan perbincangan yang dilakukan oleh Iwan dan juga Butet Kartaredjasa lainnya? Anda bisa menyaksikannya di acara Blusukan Butet Kartaredjasa: Setiawan Subekti di Mola TV.
Acara ini dapat dilihat di paket Corona Care Mola TV. Ini adalah suatu program yang di mana Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli melalui Corona Care, sebuah program yang bertujuan untuk membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.
Program ini dapat disaksikan juga dengan memberikan sumbangan yang beragam mulai dari Rp 0 hingga Rp 50.000. Nantinya setiap sumbangan tersebut akan digandakan Mola TV dan disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan wabah virus Corona.
(akn/ega)