2 Pelaku Pencuri Pukat di Sulsel Nyaris Tewas Diamuk Massa Nelayan

Zulikipli Natsir - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 15:50 WIB
Dua pelaku pencuri pukat diamankan dari amukan massa.
Dua pelaku pencuri pukat diamankan dari amukan massa. (Zulkipli Natsir/detikcom)
Bone -

Dua pelaku pencurian nyaris tewas dihajar massa nelayan setelah tertangkap basah mencuri pukat ikan di Sungai Walannae, Kelurahan Laelo, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dua pelaku itu ialah Abdul Salam bin Ambo Tuwo dan Koppi bin Muh.

"Ratusan nelayan Pak kumpul pukuli ini pelaku. Sudah banyak yang teriak kalau pelaku ini dibunuh saja, karena sudah lama dicurigai, tapi beruntung masih bisa saya bawa cepat naik di perahu dan cepat telepon Polisi buat amankan," kata tokoh masyarakat setempat, Baharuddin Naje kepada wartawan, Kamis (14/5/2020).

Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (13/5) siang. Awalnya, salah seorang nelayan, Abdullah mengecek pukat yang dipasang di sepanjang aliran sungai.

Saat diperiksa, Abdullah kaget karena pukat yang dipasang tidak ada. Tidak jauh dari lokasi Abdullah, tampak kedua pelaku berada di atas perahu bersama gulungan pukat.

Menurut Abdullah, pelaku sempat menyangkal mencuri pukat. Namun akhirnya mengaku dan mengembalikan pukat yang dicuri. Pelaku kemudian pergi.

Kabar tersebut sampai ke telinga para nelayan lainnya. Mereka kemudian mencari pelaku dan berhasil menemukannya.

"Kata Pak Abdullah, jaringnya dikembalikan setelah pelaku tidak bisa menyangkal. Namun kemudian nelayan langsung berkumpul dan mencari pelaku. Saat ditemukan, terjadilah aksi itu. Pelaku selama ini katanya juga sudah lama dicari nelayan di Batu-Batu, Soppeng. Karena juga dicurigai di sana," ujar Baharuddin.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2