Seberapa Efektif Sistem Belajar dari Rumah? Ini Kata Mendikbud Nadiem

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 15:34 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau belajar online akan terasa dampaknya di masa depan. Sistem ini memanfaatkan teknologi untuk interaksi antara siswa dan guru.

"Saya akan mengatakan bahwa hal yang paling menggembirakan yang kita lihat sebenarnya bukan efeknya hari ini dan apakah mereka benar-benar akan mampu mengimbangi anak-anak yang tidak bersekolah, saya pikir efektivitasnya jauh lebih terasa di masa depan," ujar Nadiem dalam konferensi video yang disiarkan saluran YouTube Setpres, Kamis (14/5/2020). Hal ini disampaikan Nadiem saat menjawab seberapa efektivitas belajar dari rumah sejauh ini.

Belajar dari rumah secara daring merupakan kebijakan yang diambil pemerintah di tengah masa pandemi virus Corona (COVID-19). Nadiem menjelaskan, kementeriannya sudah merencanakan penggunaan teknologi untuk menunjang pendidikan.

"Teknologi adalah bagian inti dari rencana kami di Kementerian Pendidikan (dan Kebudayaan) untuk mendukung guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk mempersonalisasikan pembelajaran, mengajar di tingkat yang tepat, dan benar-benar berfokus pada kompetensi, alih-alih konten," ujar Nadiem.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2