Kawanan Gajah Liar Masuk Desa di Riau, Rumah dan Kebun Sawit-Nanas Rusak

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 12:47 WIB
Rumah dan kebun warga di Bengkalis, Riau dirusak kawanan gajah liar (dok. BBKSDA Riau)
Foto: Rumah dan kebun warga di Bengkalis, Riau dirusak kawanan gajah liar (dok. BBKSDA Riau)
Pekanbaru -

Perkebunan kelapa sawit dan satu unit rumah warga dirusak gajah liar di Riau. Tim sudah diterjunkan ke lokasi untuk menghalau gajah tersebut.

"Pengerusakan rumah dan perkebunan sawit dan kelapa ini terjadi Desa Tasik Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis," kata Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Heru Sutmantoro, Kamis (14/5/2020).

Foto: Rumah yang dirusak kawanan gajah liar (dok. BBKSDA Riau)

Heru menjelaskan, satu rumah yang dirusak gajah liar kondisinya dinding rumah dari papan jebol. Rumah tersebut milik warga atas nama Ino. Peristiwa perusakan terjadi pada Selasa (12/5) malam saat turun hujan deras.

"Keterangan warga, rumah tersebut lagi kosong, karena pemiliknya lagi pulang kampung karena sakit," kata Heru.

Sejumlah tumbuhan juga dirusak kawanan gajah liar (dok. BBKSDA Riau)

Setelah tim BBKSDA Riau mengecek kondisi rumah, kata Heru, kemarin pihaknya juga melihat kondisi perkebunan sawit yang turut dirusak. Selain itu ada perkebunan kelapa warga turut menjadi korban dirusak gajah liar.

"Ada sekitar 100 batang sawit usia lima tahun yang dirusak gajah. Ada 30 batang pohon kelapa usia 3 tahun juga dirusak. Ditambah lagi perkebunan nanas," kata Heru.

Foto: Rumah tersebut kosong karena penghuninya sedang pulang kampung (dok. BBKSDA Riau)

Menurut keterangan warga setempat, gajah liar ini sudah sepekan berada di desa tersebut. Rombongan gajah liar ini sebanyak 15 ekor.

"Gajah liar tersebut termasuk kelompok kantong gajah Giam Siak Kecil. Saat ini gajah sudah keluar dari kebun dan menuju ke areal hutan tanaman industri Km 75," tutup Heru.

(cha/jbr)