Fatwa MUI: Salat Id Berjemaah di Rumah Minimal 4 Orang

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 12:37 WIB
Ilustrasi salat
Ilustrasi salat (iStock/ kzenon)
Jakarta -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan fatwa mengenai salat Idul Fitri di masa pandemi virus Corona. Fatwa tersebut memuat ketentuan salat Idul Fitri di rumah, baik berjemaah maupun sendiri (munfarid).

Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat Pandemi COVID-19 telah diterbitkan MUI pada Rabu (13/5/2020).

Salat Idul Fitri hukumnya sunah muakad (sangat dianjurkan). Salat ini disunahkan dilakukan di tanah lapang, masjid, atau musala secara berjemaah. Namun dalam pandemi COVID-19 seperti saat ini, fatwa MUI menyampaikan ketentuan spesifiknya.

Salat Idul Fitri bisa dilaksanakan secara berjemaah di tanah lapang, masjid, dan musala apabila kawasan tersebut aman dari virus Corona pada 1 Syawal 1441 H. Tandanya adalah angka penularan menunjukkan kecenderungan menurun dan kebijakan pelonggaran aktivitas sosial yang memungkinkan terjadinya kerumunan berdasarkan ahli yang kredibel dan amanah.

Namun bila seseorang berada di kawasan yang masih rawan penyebaran COVID-19 atau di kawasan yang tidak aman dari COVID-19, salat Idul Fitri bisa dilaksanakan di rumah masing-masing.

"Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjemaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid), terutama yang berada di kawasan penyebaran COVID-19 yang belum terkendali," kata MUI dalam Ketentuan Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Kawasan COVID-19 dalam fatwa itu.

Tonton juga 'Penjelasan MUI soal Fatwa Panduan Salat Idul Fitri Saat Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2 3