Andre Gerindra: Pemerintah Perlu Stimulus BUMN

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 11:34 WIB
Politikus Gerindra Andre Rosiade (Jeka Kampai/detikcom)
Foto: Politikus Gerindra Andre Rosiade (Jeka Kampai/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah mengeluarkan kebijakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2020 sebagai turunan dari Perppu 1/2020. Politisi partai Gerindra Andre Rosiade menyampaikan tentang pentingnya dukungan pemerintah kepada BUMN.

"BUMN selama ini memiliki peran penting dalam perekonomian kita. Oleh sebab itu, program pemulihan ekonomi harus memberikan stimulus kepada BUMN kita terutama untuk BUMN yang menjalankan penugasan dan BUMN yang terlibat dalam proyek strategis nasional," kata Andre dalam keterangan tertulis, Kamis (14/5/2020).

Lebih lanjut, politisi asal Minangkabau ini merinci setidaknya terdapat tiga bentuk dukungan yang dapat diberikan pemerintah kepada BUMN.

Pertama, dalam bentuk percepatan pembayaran hutang pemerintah yang berasal dari hutang subsidi/kompensasi atas kebijakan terutama kepada PLN dan Pertamina.

Kedua, pemberian PMN (Penyertaan Modal Negara) kepada BUMN yang menjalankan proyek strategis nasional dan kondisi keuangannya terdampak Covid 19 seperti Hutama Karya, PNM, Askrindo, Jamkrindo.

Selanjutnya
Halaman
1 2