Round-Up

2 McD Langgar PSBB di DKI dan Sulawesi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 09:01 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Restoran cepat saji MacDonald's (McD) kembali kena tegur lantaran melanggar aturan PSBB. Setelah di DKI Jakarta, McD di Gowa, Sulawesi Selatan turut kena semprot karena tak taat aturan selama pandemi.

Seperti diketahui pelanggaran PSBB yang dilakukan McD di Jakarta. Pada saat itu, pelanggaran PSBB dilakukan McD Sarinah di saat hari terakhir penutupan karena ada renovasi mal.

McD Sarinah tutup 10 Mei 2020, minggu malam. Ketika itu juga beredar video kerumunan manusia di momen penutupan tersebut. Singkat kata, kerumunan itu ingin mengabadikan momen terakhir penutupan restoran cepat saji yang sudah berdiri 30 tahun di DKI.

Karena video momen nostalgia itu viral, kerumunan itu dikritik karena orang-orang berkumpul di tengah pandemi Corona. Apalagi, DKI Jakarta sedang menerapkan PSBB.

Satpol PP DKI Jakarta menyatakan McD Sarinah telah menyalahi ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Ibu Kota.

"Bahwa dalam Pergub kita PSBB itu keramaian di tempat umum dibatasi maksimal 5 orang. Jadi itu udah pelanggaran untuk McD bikin acara-acara semacam itu," ujar Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin saat dihubungi, Senin (11/5/2020).

Arifin mengatakan pihaknya langsung melakukan pembubaran pada saat kerumunan terjadi. Warga diminta dapat meninggalkan lokasi.

"Menegur dan mengingatkan kepada pihak penyelenggara acara, untuk membubarkan diri. Orang-orang yang berkerumun supaya dibubarkan, seperti itu," kata Arifin.

Tidak hanya itu, pihaknya juga disebut telah menegur pihak panitia. Dalam hal ini McD Sarinah.

Selang dua hari, McD kembali melanggar aturan PSBB. Kalin ini di Gowa, Sulawesi Selatan. Anggota Polres Gowa mengamankan manajer McDonald's, RH (21), dan manajer Burger King, ES (27), karena melanggar batas jam operasional yang diatur selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Selanjutnya
Halaman
1 2