Round-Up

Dari Alat Tes TBC hingga HIV Diturunkan agar Corona Terdeteksi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 22:33 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Ilustrasi Virus Corona (Getty Images/iStockphoto/oonal)

Terkait penggunaan alat TCM untuk TBC diungkapkan Yuri beberapa waktu lalu. Ketika itu, dia mengatakan sebanyak 1.500 cartridge khusus yang bisa digunakan untuk tes Corona di mesin TCM untuk TBC itu sudah tiba di Tanah Air.

"Ini bagian dari upaya kita meningkatkan jumlah pemeriksaan yang lebih banyak, lebih masif, dan kemudian nantinya akan dilaksanakan dengan pelaksanaan isolasi yang lebih ketat," kata juru bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam siaran langsung kanal YouTube BNPB Indonesia, Senin (4/5).

Bahkan, kala itu, Yuri menyebut pemerintah akan mendatangkan cartridge lebih banyak lagi. Jumlahnya yang akan didatangkan mencapai 172 ribu.

"Ini sudah kita distribusikan untuk memperpendek waktu tunggu pemeriksaan spesimen, di antaranya kita kirimkan ke Sukabumi, Banyumas, Kediri, Lumajang, Palangkaraya, Balikpapan, Kendari, Sumbawa, Mimika, Merauka, Yapen, Sorong, Ternate, Tarakan, dan Nunukan," tutur Yuri.

Adapun alat TCM untuk TBC yang hendak digunakan untuk mengetes virus Corona itu bernama mesin GeneXpert. Alat GeneXpert merupakan produk dari perusahaan Cepheid yang berbasis di Sunnyvale, Amerika Serikat (AS). Pada 21 Maret, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah memberikan izin penggunaan alat itu untuk mengetes COVID-19 dalam kondisi darurat.

"Manfaat yang didapat lewat pendekatan ini adalah tes ini berlangsung otomatis sepenuhnya dan hasilnya keluar dalam 45 menit," tulis Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam laporannya mengenai penggunaan GeneXpert untuk mengetes Corona, tertanggal 1 April 2020.


(zak/zak)