Kasus Positif Corona di Sumsel Meningkat Jadi 322 Orang, 73 Pasien Sembuh

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 20:36 WIB
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan, Yusri.
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan, Yusri (Foto: Istimewa)
Palembang -

Kasus positif COVID-19 di Sumatera Selatan kembali naik drastis. Per hari ini ada tambahan 43 kasus, sehingga total seluruh pasien positif ada 322 orang.

"Kasus terkonfirmasi baru hari ini ada 43 kasus. Artinya, total kasus positif saat ini sudah mencapai 322 kasus," terang juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Sumatera Selatan, Yusri, Rabu (13/5/2020).

Dari angka itu, kata Yusri, tercatat ada 73 kasus sembuh dan 9 kasus meninggal di Sumsel. Adapun untuk kasus baru semua berasal dari Palembang, Lubuk Linggau, OKU, dan OKI.

"Untuk 43 kasus baru hari ini, 3 ini adalah kasus impor. Sisanya transmisi lokal dari kasus sebelumnya di Baturaja," kata Yusri.

Meskipun terjadi peningkatan drastis, pria yang juga menjabat Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sumsel ini, meminta warga tidak perlu panik. Sebab, menutur dia, kasus baru yang tercatat hari ini mayoritas keluarga hingga teman dekat pasien positif.

Adapun sampel yang sedang diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan atau BBLK Palembang mencapai 1.421. Jumlah itu seluruhnya berasal dari OTG yang punya riwayat kontak erat dan PDP yang dirawat di rumah sakit.

"Yang jelas tidak perlu resah, tetap semua jaga kesehatan dan olahraga. Peningkatan kasus ini adalah hasil tracking yang kami lakukan dari kasus transmisi lokal, semua masih ada pada orang-orang dekat kasus positif," tutup Yusri.

Untuk diketahui, selain ada peningkatan kasus positif di Sumatera Selatan, 2 daerah telah disetujui untuk PSBB. Kedua daerah itu adalah Kota Palembang dan Kota Prabumulih.

(ras/idn)