Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Sumur PTPN II Medan, Tim SAR Evakuasi

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 20:35 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi Garis Polisi (Rachman Haryanto/detikcom)
Medan -

Sesosok mayat tanpa identitas ditemukan warga di dalam sumur di Kecamatan Medan Barat, Sumatera Utara (Sumut). Tim SAR yang mendapat laporan, mengevakuasi mayat tersebut memakai APD.

"Mayat tanpa identitas tersebut ditemukan di dalam sumur di gudang pemeraman tembakau milik PTPN II, Jalan Pertempuran No 58, Pulo Brayan, Medan Barat," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Medan Toto Mulyono dalam keterangannya, Rabu (13/5/2020).

Toto menyebutkan awalnya mayat tersebut ditemukan warga bernama Sri Mulyani. Dia lalu melaporkan kepada warga, pihak lingkungan, dan ke Kasi Ops SAR Medan, Zul Indra. Kemudian pihaknya memerintahkan personel rescue mempersiapkan peralatan dan menuju lokasi untuk mengevakuasi korban.

"Personel kita berangkatkan untuk melakukan evakuasi dengan dilengkapi peralatan khusus untuk ruang sempit. Seperti peralatan SCBA (Self Contained Breathing Apparatus), yaitu alat bantu pernapasan petugas rescue bila mana di dalam sumur ada zat beracun," ujar Toto.

Toto menjelaskan pihaknya tidak butuh waktu lama. Personel yang bekerja di lapangan berhasil mengevakuasi korban.

"Tidak butuh waktu lama, petugas berhasil mengevakuasi korban dari dalam sumur kedalaman sekitar 5 meter dan diameter sumur sekitar 60 cm. Jadi kita siasati kita terjunkan rescue kita yang memiliki tubuh ringan untuk masuk ke dalam sumur," tambah Toto.

Selain peralatan SCBA, petugas rescue juga dibekali dengan peralatan Mounteneering dan peralatan APD sesuai dengan protokol kesehatan berupa baju hazmat, kacamata, sarung tangan, cairan steril, dan sepatu bot.

"Korban berhasil dievakuasi sekitar pukul 15.15 WIB tadi dan langsung diserahkan kepada pihak kepolisian selanjutnya dibawa ke RS," sebut Toto.

(jbr/jbr)