Palembang-Prabumulih PSBB, Gubernur Sumsel Larang TKA Masuk untuk Sementara

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 18:46 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru
Gubernur Sumsel Herman Deru (Foto: dok. Istimewa)
Palembang -

Permohonan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Palembang dan Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel), disetujui Menteri Kesehatan. Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan pihaknya bakal menolak sementara masuknya tenaga kerja asing (TKA).

"Untuk imigran di pintu resmi yang sifatnya untuk tenaga kerja, tidak ada. Kita tolak itu sementara TKA yang mau kerja ke Sumsel," kata Herman Deru kepada wartawan, Rabu (13/4/2020).

Dia mengatakan penjagaan di pintu masuk ke dua wilayah PSBB itu diperketat. Herman menyebut para TKA bakal kembali diizinkan masuk jika kondisi telah memungkinkan.

"Kita tidak tahu sampai kapan ini akan kita lakukan. Tapi saya menegaskan bahwa di Sumsel saat ini kita tidak menerima TKA sampai kondisi memungkinkan," katanya.

Dia meminta masyarakat patuh terhadap protokol pencegahan virus Corona. Dia juga memberi waktu satu pekan bagi Wali Kota Palembang Harnojoyo dan Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya untuk menyusun peraturan terkait penerapan PSBB.

"Semua harus patuh dengan aturan sama imbauan pemerintah. COVID-19 ini bukan musuh yang terlihat, maka kita juga harus patuhi protokol kesehatan," katanya.

(ras/haf)