Mukjizat Lailatul Qadar

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 16:40 WIB
lailatul qadar
Mukjizat Lailatul Qadar (Foto: Getty Images/simon2579)
Jakarta -

Di antara yang paling dinantikan kedatangannya selama bulan Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Seperti dijelaskan dalam Al Qur'an Surat Al Qadr ayat 1 sampai 5, malam Lailatul Qadar penuh kemuliaan.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits dengan derajat Mutttafaq 'alaihi, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa melakukan sholat di malam Lailatul Qadar atas dasar iman dan berharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosanya yang telah berlalu."

Rasulullah SAW tak menyebut kepastian waktu datangnya malam Lailatul Qadar. Sang penghulu Rasul itu hanya menyebutkan sejumlah tanda-tandanya. Yakni: malam itu cerah bagaikan ada bulan yang bersinar, suasana malam itu tenang, tidak dingin dan tidak panas; serta bintang tidak dipakai untuk melempari setan sampai pagi hari.

Pertanda lainnya adalah matahari terbut pada pagi harinya dengan bulat, tidak memancarkan sinar, seperti bulan purnama. Pada hari itu setan tidak diizinkan keluar.

Kali ini Tim Hikmah detikcom menurunkan tulisan tentang, Mukjizat Lailatul Qadar. Bagaimana sejarah turunnya malam kemuliaan ini, hingga bagaimana seharusnya umat Islam yang ingin mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Kumpulan artikel tentang Mukjizat Lailatul Qadar bisa diklik di sini.

Infografis 4 Tanda Lailatul QadarInfografis 4 Tanda Lailatul Qadar Foto: Fuad Hasyim/detikcom
(erd/erd)