Round-Up

Nahas Pesawat Kargo Jatuh di Sentani Papua

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 04:25 WIB
Proses Pencarian Pesawat MAF yang Jatuh di Danau Sentani Papua
Foto: Proses Pencarian Pesawat MAF yang Jatuh di Danau Sentani Papua (dok.istimewa)
Jayapura -

Sebuah pesawat Cesna pengangkut logistik milik Mission Aviation Fellowship (MAF) terjatuh di Danau Sentani, Jayapura, Provinsi Papua. Insiden nahas itu menewaskan seorang pilot warga negara Amerika Serikat, Joyce Chaisin Lin (40).

Peristiwa jatuhnya pesawat tersebut terjadi Selasa (12/5) sekitar pukul 06.27 Wit. Saat itu pesawat yang diterbangkan Joyce hendak membawa logistik menuju kabupaten Tolikara.

"Benar, tadi pagi sekitar pukul 06.27 Wit pesawat Cargo jenis Cesna milik MAF jatuh di Danau Sentani dekat kampung Hobong," ujar Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Makboan saat dihubungi detikcom, Selasa (12/5/2020).

Victor mengatakan pesawat itu jatuh ke danau dan tenggelam. Dia mengatakan seorang pilot meninggal akibat peristiwa ini.

"Jadi pesawatnya jatuh ke air Danau Sentani dan tenggelam menyebabkan pilot meninggal," katanya.

"Saat ini Tim SAR telah menuju lokasi jatuhnya pesawat," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Jayapura, Zainul Thahar mengungkapkan peristiwa detik-detik pesawat pengangkut logistik milik MAF (Mission Aviation Fellowship) jatuh ke Danau Sentuni, Papua. Zainul menyebut pesawat itu hilang kontak 2 menit setelah lepas landas.

"Karena baru 2 menit setelah take off hilang kontak, maka perkiraan belum jauh dari bandara, dan benar pesawat jatuh di ujung landasan tepatnya di perairan Danau Sentani," ujar Zainul kepada wartawan, Selasa (11/5/2020).

Zainul menyebut Pesawat MAF PK-MEC tipe Kodia -100 ini dipiloti, Joice Lin take off pukul 06.27 WIT dari Bandara Sentani menuju Mamit, kabupaten Tolikara ( WAJJ-WAVS). Kemudian, sekitar pukul 06.29 WIT pesawat hilang kontak.

Pesawat cargo ini terbang membawa bahan logistik tanpa penumpang. Akibat peristiwa ini, pilot pesawat ditemukan meninggal di perairan Danau Sentani, jenazah pilot saat ini berada di RS Bhayangkara, Kota Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan.

"Setelah dilakukan pencarian pukul 08.30 WIT pilot ditemukan di dalam pesawat, dan korban di evakuasi dalam keadaan meninggal dunia," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3