Round-Up

Fakta-fakta Terbaru Kebakaran Maut Kapal Tanker di Belawan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 04:03 WIB
Kapal tanker MT JAG LEELA terbakar di Pelabuhan Belawan Medan, Sumatera Utara, Senin (11/5/2020). Penyebab terbakarnya kapal tanker MT JAG LEELA yang sedang dalam perawatan atau docking di galangan kapal milik PT Waruna Nusa Sentana Shipyard tersebut belum diketahui dan masih diselidiki. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj.
Kebakaran maut kapal tanker di Belawan, Medan (Foto: ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA)

3. Ada Kakak-Beradik Jadi Korban Tewas

Tiga orang yang merupakan kakak-adik menjadi korban kapal tanker terbakar di area Pelabuhan Belawan, Medan. Dua di antaranya tewas.

"Dua meninggal dunia. Satunya lagi dirawat di RS. Ketiganya kakak beradik," kata sepupu korban, Ahmad Riandi, di RS Bhayangkara, Selasa (12/5).

Dia mengatakan ketiga korban kapal terbakar itu adalah Muhammad Nurkasim Siregar, Baktiar Asnawi Siregar, dan Dahrul Daim Siregar. Nurkasim dan Baktiar ditemukan tewas, sementara Dahrul masih dirawat di rumah sakit.

Mereka merupakan warga Desa Kota Rantang, Kecamatan Hamparan Perak. Menurut Ahmad, ketiganya bekerja sebagai teknisi dan sedang berada di bagian bawah saat kapal terbakar.

"Mereka bekerja di tempat itu sebagai teknisi. Pada saat itu, posisi korban berada di bawah," sebut Ahmad.

Pihak keluarga berharap proses identifikasi segera rampung. Dia mengatakan pihak keluarga ingin jenazah korban segera dimakamkan.

4. Ada Korban yang Baru Sehari Kerja

Salah satu korban tewas akibat kebakaran kapal tanker di Belawan, Bukhari, diketahui baru sehari kerja. Dia diduga wafat karena belum paham soal prosedur dan jalur evakuasi jika terjadi insiden.

"Jadi pada saat hari pertama kerja, jadilah insiden ini," ujar adik ipar korban, Gunawan.

Gunawan menyebut abangnya bekerja di atas dek kapal. Dia menyebut kebakaran itu terjadi beberapa jam setelah abangnya mulai bekerja.

"Dia di bagian dek kapal. Di atas dek kapal itu lah. Beberapa menit atau baru beberapa jam kerja lah sudah kejadian seperti itu," sebut Gunawan.

"Iya nggak bisa menyelamatkan diri. Dia kan baru, jadi kan belum tau situasi kerja. Di mana jalur evakuasi, di mana jalur ini dia kan kurang paham karena barunya dia tadi di situ," sambungnya.

5. Kapal Masih Panas, Tim Labfor Belum Bisa Masuk

Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin mengatakan tim laboratorium forensik (Labfor) belum bisa masuk ke kapal tanker yang terbakar di area Pelabuhan Belawan, Medan. Dia mengatakan kapal masih dalam kondisi panas.

"Hingga hari ini tim Labfor cabang Medan belum bisa masuk ke lokasi karena kondisi kapal yang belum memungkinkan, masih panas di dalam. Sehingga kita tim yang akan memeriksa penyebab kebakaran belum bisa masuk hingga hari ini," kata Martuani, Selasa (12/5).

Dia mengatakan seluruh petugas yang bekerja di kapal sudah terdata dengan lengkap. Namun, Martuani mengatakan tim dari kepolisian bakal melakukan penyisiran lagi di TKP saat kondisi memungkinkan.

"Sampai sekarang untuk seluruh ABK maupun teknisi yang bekerja di docking itu sudah lengkap. Namun, kami akan pastikan untuk besok tim Labfor dan tim dari Polres KP3 Belawan akan ke TKP," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3