TNI Kirim Bantuan untuk Korban Topan Harold di Fiji

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 01:00 WIB
TNI Berikan Bantuan ke Korban Topan di Fiji
Foto: dok.Puspen TNI
Jakarta -

Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban Topan Tropis Harold di Republik Fiji. Bantuan ini terdiri dari bahan makanan, minuman hingga selimut.

"Bantuan kemanusiaan sebanyak 12,9 Ton berupa bahan-bahan makanan dan minuman. Serta beberapa barang lainnya seperti tenda peleton, tenda regu, handuk, selimut, untuk korban Topan Tropis Harold yang menghantam Republik Fiji, beberapa waktu lalu," ujar Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/5/2020).



Bantuan kemanusiaan ini diberikan dari Pemerintah Indonesia ke Pemerintah Republik Fiji. Bantuan diberangkatkan dari Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Dengan upacara pemberangkatan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dia menyebutkan, dalam kesempatan tersebut Hadi menyampaikan bahwa bantuan yang dikirim menunjukan hubungan erat kedua negara. Bantuan diharapkan dapat meringankan beban rakyat Fiji.

"Panglima TNI menyampaikan bahwa bantuan kemanusiaan tersebut menunjukkan eratnya hubungan kedua negara, sebagai negara yang bersahabat sudah tentu akan saling bantu saat dibutuhkan. Semua tentunya berharap, semoga bantuan ini dapat meringankan beban rakyat Fiji dan dapat mempererat hubungan baik kedua negara," tutur Sus Taibur Rahman.



"Meskipun Indonesia saat ini mengalami masa sulit akibat pandemi Covid-19, tetapi tidak mengurangi semangat kemanusiaan untuk memberikan bantuan kepada rakyat Fiji yang mengalami bencana berlipat ganda," sambungnya.

Diketahui, Topan Harold menerjang negara-negara di Pasifik Selatan pada 8 April 2020 lalu. Vanuatu, Fiji dan Kepulauan Solomon menjadi daerah yang menjadi korban keganasan badai tersebut.

(dwia/dwia)