Masa Penahanan Habis, Wabup OKU Johan Anuar Bebas

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 22:28 WIB
Wabup OKU Johan Anuar saat bebas dari tahanan dan bertemu keluarga serta Kuasa Hukum.
Wabup OKU Johan Anuar saat bebas dari tahanan dan bertemu keluarga serta kuasa hukum. (Foto: Istimewa)
Palembang -

Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Johan Anuar (JA) bebas dari tahanan setelah ditahan 4 bulan. Kuasa hukum JA, Titis Rachmawati, menilai tidak ada bukti kuat polisi menahan kliennya.

"Pak JA ini keluar demi hukum statusnya karena waktu penahanan dari kepolisian sudah habis," ujar Titis kepada wartawan, Selasa (12/5/2020).

Menurut Titis, Johan ditahan selama 120 hari hingga per malam ini. Sebab, semua waktu tahanan telah dihabiskan penyidik kepolisian Polda Sumsel.

"Jadi jatah dari kepolisian itu semua dari jaksa dia ambil, pengadilan juga diambil, sehingga 120 hari ini sudah dihabiskan," imbuh Titis.

Setelah 120 hari ditahan, Titis pun menilai penyidik belum dapat melengkapi berkas. Bahkan berkas dugaan korupsi yang telah dilakukan Johan disebut masih tahap P19 alias berkas belum lengkap.

"Ternyata Pak JA ini berkasnya belum P21 atau masih P19, jadi JA lepas atau keluar demi hukum. Kalau kami lihat selama 120 hari ini saya lihat mereka begitu sulit," kata Titis didampingi Johan.

"Berusaha mengada-ada, JA kan dituduh Pasal 2 dan Pasal 3 (UU Tipikor) dan UU TPPU. Sementara kita melihat di Pasal 2, Pasal 3 tidak dapat dibuktikan. Apalagi TPPU-nya," kata Titis lagi.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2