Bintang Toedjoe-BPOM Sumbang 1 Juta Produk & 3.000 APD ke Tenaga Medis

Angga Laraspati - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 14:00 WIB
Bintang Toedjoe & BPOM
Foto: Angga Laraspati
Jakarta -

Kasus positif COVID-19 di Indonesia masih terus bertambah, menurut laporan terakhir per 11 Mei terdapat 14 ribu lebih kasus positif di Indonesia. Bertambahnya kasus ini juga membuat kerja dari para tenaga medis perlu diperhatikan mengingat mereka adalah garda terdepan penanganan COVID-19.

Menanggapi hal ini, Bintang Toedjoe dan BPOM bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Klikdokter menyalurkan 1 juta produk khusus dan juga 3.000 APD untuk 200 rumah sakit di Indonesia. Produk khusus yang merupakan produk dari Bintang Toedjoe yaitu Bejo Wedang Susu Jahe Merah tersebut dapat membantu para tenaga medis dalam menjaga daya tahan tubuh mereka selama bertugas.

Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe Simon Jonatan mengungkapkan bantuan ini diberikan sebagai bentuk perjuangan dalam membantu tenaga medis dalam menolong sesama demi memutuskan rantai penyebaran virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

"Ini merupakan kontribusi kami sebagai perusahaan farmasi. Didukung BPOM kami didorong untuk mengembangkan produk asli Indonesia dengan kualitas dunia untuk menyehatkan dan memelihara daya tahan tubuh," tutur Simon saat ditemui di PB IDI di bilangan Menteng, Jakarta, Selasa (12/5/2020).

Dalam proses produksinya Simon menjelaskan telah melibatkan ribuan petani jahe merah di Indonesia. Dan program yang saat ini sedang dijalankan merupakan rencana yang sudah dibuat berbulan-bulan yang lalu, karena produksi jahe merah dari petani yang mereka bina selalu tersedia.

"Petani itu kami bina, kami latih, terus kita belikan bibitnya. Ketika sudah panen, kita beli hasilnya untuk kemudian akan diekstrak oleh para ekstraktor untuk mengambil khasiat dari jahe merah tersebut," jelas Simon.

Lebih lanjut Simon, mengungkapkan Bejo Wedang Susu Jahe Merah ini memiliki khasiat yang baik bagi para tenaga medis karena mengandung 6-gingerol dari ekstrak jahe merah dan zingiberene dari kandungan oil jahe merahnya, serta dilengkapi skim milk untuk membantu memelihara daya tahan tubuh.

Adapun untuk produksi dari Bintang Toedjoe, Simon menjelaskan terjadi peningkatan yang cukup tinggi, dan bisa dikatakan dua kali lipat dari sebelumnya. Produk tersebut pun kini sudah menjadi barang yang sering dicari oleh para konsumen dalam masa pandemi.

"Ada 4 produk yang saat ini produksinya sedang tinggi yaitu Komix obat batuk, Bintang Puyer itu obat pusing, Extrajoss, dan juga Bejo Jahe Merah. Ini memang kenaikannya 2 kali lipat dari sebelumnya," pungkas Simon.

Sebagai informasi, hari ini bertepatan dengan Hari Perawat Internasional, Bintang Toedjoe dan BPOM secara simbolis menyerahkan bantuan 1 juta produk khusus yaitu Bejo Wedang Susu Jahe Merah dan juga 3.000 APD kepada Ketua Umum IDI Daeng M. Faqih dan juga Ketua PPNI Harif Fadhillah.

(mul/mul)