Lebih Mudah Mendalami Intisari Al Qur'an dengan Layanan Tafsir Digital

Adv - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 07:15 WIB
One day One Hadits dzikir pagi dan petang
Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Al-Qur'an diturunkan ke dunia ini oleh Allah SWT bertujuan sebagai petunjuk jalan yang benar. Di dalamnya terdapat risalah, perintah dan larangan, serta pelajaran-pelajaran penting yang bisa membawa manusia ke jalan kebaikan. Berbagai keistimewaan dijanjikan Allah SWT bagi siapapun yang mau membaca dan mengamalkan isi Al-Qur'an.

Kendati punya peranan penting, namun kemampuan dalam memahami Al-Qur'an dengan baik dan benar masih sangat minim dimiliki oleh banyak umat Muslim. Banyak dari umat Muslim utamanya di Indonesia yang masih berkutat pada keterampilan membaca Al-Qur'an saja tanpa ada upaya untuk lebih jauh men-tadabbur-inya.

Mempelajari tafsir Al-Qur'an memang tidak mudah. Butuh ketekunan dan keseriusan yang harus terus dijaga. Apalagi bagi umat Muslim di Indonesia. Kendala perbedaan bahasa yang digunakan dalam Al-Qur'an menjadi tantangan utama yang harus ditaklukkan oleh mereka yang ingin belajar tafsir.

Sejumlah ahli tafsir bahkan mendedikasikan sebagian besar waktu hidupnya hanya untuk mempelajari inti sari dari Al-Qur'an. Apalagi, untuk bisa mempelajari makna-makna ayat dalam Al-Qur'an memerlukan penguasaan terhadap berbagai bidang ilmu syar'i.

Namun di era serba digital saat ini, belajar tafsir bisa jadi jauh lebih mudah. Apalagi dengan kehadiran website penyedia jasa pembelajar tafsir macam Tafsirweb.com. Tafsirweb memiliki visi menjadi salah satu pusat rujukan terpercaya dalam mencari tafsir ayat yang cepat dan mudah digunakan. Karenanya, kehadiran Tafsirweb.com tentunya bisa menjadi oase bagi dahaga pengetahuan tentang inti sari kalam Ilahi yang terkandung dalam Al-Qur'an.

Website ini memberikan akses untuk mempelajari tafsir Al-Qur'an dengan beragam versinya. Di antaranya yakni, Tafsir Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementrian Agama Saudi Arabia, dan lain sebagainya.

Semua versi tafsir tersebut tersedia gratis untuk dibaca. Anda juga bisa dengan mudah mengakses tafsir dari surah-surah populer lain seperti

1. Surah Al-Fatihah, sebagai surah pembuka yang dibaca setiap Muslim minimal 17 kali dalam sehari sebagai bacaan wajib salat, tentunya tafsir surah yang satu ini wajib untuk Anda pelajari.

2. Surah Al-Baqarah, surah terpanjang dalam Al-Qur'an ini berisikan banyak pelajaran terkait aqidah, ibadah, kisah dan hukum yang menjadi petunjuk utama dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim.

3. Surah Ad-Dhuha, surah ini berisikan tentang larangan menyakiti anak yatim dan perintah untuk bersyukur kepada Allah SWT.

4. Surah An-Naba, surah ini berisikan pengingat tentang hari kiamat yang juga sangat menarik untuk ditadabburi isinya.

5. Surah Yusuf, surah yang berisikan tentang perjalanan hidup Nabi Yusuf AS dan seluruh pelajaran berharga dalam setiap risalahnya.

6. Surah Yasin, salah satu surah terpopuler ini berisikan tentang tanda-tanda kekuasaan Allah SWT.

7. Surah Al-Waqiah, sebagaimana dengan arti dari kata al-Waqi'ah yakni Hari Kiamat, surah ini berisikan tentang hari kiamat dan bagaimana manusia hendak mempersiapkan dirinya.

8. Surah Al-Kahfi, surah ini berisi kisah tentang sekelompok pemuda yang disebut Ashabul Kahfi yang dapat dipetik pelajaran berharga darinya. Selain itu ada tiga kisah lain yang juga tak kalah tinggi kandungan hikmahnya.

9. Surah Al-Mulk, Surat ini membicarakan tiga masalah penting, yaitu kebesaran Allah SWT, dalil-dalil keesaan Allah SWT dan nasib akhir orang-orang yang mendustkaan hari kebangkitan.

10. Ar-Rahman, surah ini berisi uraian tentang nikmat-nikmat Allah SWT sekaligus sebagai pengingat agar manusia tidak lagi mendustakan nikmat Tuhannya.

Selain belajar mengenai kandungan dalam Al-Qur'an melalui Tafsirweb.com , Anda juga bisa belajar membaca Al-Qur'an dengan mudah di yakni website Bisaquran.com Website ini menghadirkan sarana full digital berupa kelas online berbasis aplikasi instant messaging, atau menggunakan website khusus sebagai Learning Management System (LMS).

Tak hanya itu, ada pula yang menggunakan sistem hybrid yakni menggabungkan materi klasik berupa buku dan video pembelajaran. Dengan metode yang sangat mudah dicerna dan dipahami pengguna bahkan bisa mulai paham cara membaca Al-Qur'an yang baik hanya dalam hitungan hari.

(adv/adv)