Pangkogabwilhan I: 42 WNI ABK Viking Orion Isolasi Mandiri di Hotel Dekat HI

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 20:41 WIB
42 WNI anak buah kapal MV Viking Orion tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pagi ini (Dok. Istimewa)
Sebanyak 42 WNI anak buah kapal MV Viking Orion tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pagi ini. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Sebanyak 42 warga negara Indonesia (WNI) yang berprofesi sebagai anak buah kapal (ABK) di Kapal MV Viking Orion telah tiba di Indonesia hari ini. Para ABK tersebut kemudian menjalani serangkaian protokol kesehatan setibanya di Tanah Air.

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya Yudo Margono menyebutkan, dari total 42 WNI ABK tersebut, 41 orang merupakan pria dan satu lainnya berjenis kelamin perempuan. Semua WNI ABK tersebut telah menjalani pemeriksaan swab test di Pelabuhan Tanjung Priok pagi ini.

"Pada hari Senin, tanggal 11 Mei 2020 pukul 08.30 sampai dengan 10.30 WIB, telah dilakukan evakuasi dan pemeriksaan swab terhadap WNI ABK MV Viking Orion di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) dengan aman dan lancar," kata Yudo ketika dihubungi, Senin (11/5/2020).

Yudo menambahkan, 42 WNI ABK tersebut akan segera menjalani isolasi mandiri di salah hotel dekat Bundaran HI, Jakarta Pusat, sambil menunggu hasil swab test tiga hari kemudian. Dia pun melanjutkan bagi para WNI ABK tersebut yang terkonfirmasi positif Corona dari swab test, maka akan segera dipindahkan ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

"Selesai dilakukan swab, selanjutnya seluruh ABK dibawa ke hotel dekat Bunderan HI untuk observasi, sambil menunggu hasil swab test 3 hari kemudian," ujar Yudo.

"Nanti yang hasil swab-nya positif baru diisolasi di Wisma Atlet. Karena kalau langsung masuk ring-1, berarti harus dikarantina 14 hari," sambungnya.

Yudo menambahkan, para WNI ABK tersebut yang dinyatakan negatif dari swab test akan segera dikembalikan ke daerah asal masing-masing.

Dia juga menyebutkan telah menyiapkan protokol kesehatan selama para WNI ABK Viking Orion ini jalani isolasi mandiri di hotel selama tiga hari ke depan. Yudo mengatakan para WNI ABK tersebut akan memiliki masing-masing satu kamar untuk satu orang selama jalani proses isolasi mandiri dan menunggu hasil swab test.

"Ditempatkan satu kamar satu orang supaya nantinya bila ada yang positif tidak melibatkan yang lain," imbuh Yudo.

Untuk diketahui, 42 WNI ABK MV Viking Orion yang tiba di Indonesia hari ini menambah jumlah kepulangan WNI ABK dari luar negeri. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan per 10 Mei 2020, terdapat lebih dari 14 ribu ABK WNI yang sudah pulang ke Indonesia.

"Jumlahnya adalah 14.244 mereka kembali ke Indonesia baik melalui jalur udara, yaitu melalui Bandara Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai, juga melalui pelabuhan laut, yaitu melalui Benoa dan Tanjung Priok," tuturnya.

(gbr/gbr)