Hobi Tanam Ganja, Pria di Kendari Ditangkap Polisi

Sitti Harlina - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 17:05 WIB
Seorang pria di Kota Kendari,Sultra, MZ ditangkap polisi setelah diketahui menanam ganja (Sitti-detikcom).
Seorang pria di Kota Kendari,Sultra, MZ ditangkap polisi setelah diketahui menanam ganja. (Sitti/detikcom)
Kendari -

Seorang pria di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), MZ, ditangkap polisi setelah diketahui menanam ganja. MZ mengaku punya hobi menanam ganja sejak duduk di bangku SMP.

"Pelaku mengaku sudah 4 bulan menanam ganja tersebut," ujar Direktur Ditresnarkoba Polda Sultra Kombes M Eka Faturrahman di Kendari, Senin (11/5/2020).

MZ menanam ganja tersebut di rumahnya di Jalan Tunggala, Kelurahan Wuawua, Kecamatan Wuawua, Kota Kendari. Selain hobi menanam ganja, MZ senang mengonsumsi ganja hasil tanamannya.

"Bahkan saat akan menggoreng telur, pelaku mencampurkan serbuk ganja tersebut," kata Eka.

Di rumah pelaku, polisi menemukan 1 pohon ganja berukuran dua meter yang ditanam di dalam pot dan diletakkan di pekarangan rumah. Polisi juga menemukan sejumlah linting dan biji ganja dalam kemasan kecil siap edar.

Seorang pria di Kota Kendari,Sultra, MZ ditangkap polisi setelah diketahui menanam ganja (Sitti-detikcom).Seorang pria di Kota Kendari,Sultra, MZ, ditangkap polisi setelah diketahui menanam ganja. (Sitti/detikcom).

Menurut Eka, MZ sempat mengurus izin untuk legalitas koleksi ganjanya tapi tidak mendapat izin sehingga polisi menangkapnya. Kepada polisi, MZ mengaku mendapatkan ganja dengan memesannya secara online.

"Pelaku kami sangkakan melanggar pasal 114 dan 112 tentang kepemilikan ganja tanpa izin, dengan ancaman minimal 4 tahun penjara," ucap Eka.

Sementara itu, MZ mengaku punya hobi terhadap ganja sejak duduk di bangku SMP. "Sejak SMP saya sudah mengoleksi dan menyukai ganja, karena juga hobi. Saya juga tergabung dalam komunitas Lingkar Ganja Nasional (LGN)," kata MZ saat ditemui di lokasi penangkapan.

(nvl/nvl)