KPK Bantah Hadir di Cianjur Selatan: Kami Minta Masyarakat Waspada

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 16:34 WIB
Penampakan Gedung Baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan
Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

KPK meminta masyarakat waspada terhadap adanya pihak-pihak yang mengatasnamakan KPK. KPK menegaskan hanya memiliki kantor di Jakarta dan tidak ada perwakilan atau kantor di daerah.

"Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai terhadap pihak-pihak yang mengaku sebagai perwakilan KPK atau bekerja sama dengan KPK atau menggunakan nama mirip KPK. Hingga saat ini, kami informasikan bahwa KPK tidak memiliki perwakilan di wilayah manapun," kata Plt Jubir KPK Ipi Maryati kepada wartawan, Senin (11/5/2020).

Pernyataan ini adalah klarifikasi KPK atas pemberitaan pembentukan Komite Pencegahan Korupsi (KPK) kordinator wilayah Cianjur Selatan. Ipi menegaskan lembaga itu tidak memiliki hubungan dan kerja sama apa pun dengan KPK.

"Kami informasikan kepada masyarakat bahwa KPK tidak memiliki kantor cabang di wilayah manapun. Sehingga, jika ada lembaga yang memiliki nama mirip dengan KPK yang mengaku sebagai perwakilan KPK serta bertindak untuk dan atas nama KPK, kami pastikan lembaga tersebut tidak memiliki hubungan kerja sama dengan KPK," ungkap Ipi.

Untuk itu, Ipi berharap pemerintah daerah dan perusahaan di daerah serta masyarakat agar berhati-hati dengan lembaga yang mengatasnamakan atau mirip dengan KPK. Ipi meminta seluruh masyarakat langsung melapor ke KPK atau kepolisian jika ada lembaga yang melakukan pemerasan dengan mengatasnamakan KPK.

"Jika masyarakat maupun pemerintah daerah menghadapi pihak-pihak yang meminta uang, fasilitas, atau pemerasan dalam bentuk apapun, segera laporkan pada kepolisian setempat dan informasikan kepada KPK. Dalam sejumlah kasus, Polri bersama KPK telah memproses tindakan penipuan, pemerasan atau pidana lain yang seolah-olah mengatasnamakan KPK," ujar Ipi.

Ipi mengatakan masyarakat bisa melaporkan hal tersebut dengan menghubungi KPK melalui call center 198 atau email 198@kpk.go.id dan informasi@kpk.go.id.

(ibh/gbr)