Mukjizat Lailatul Qadar

Surat Al Qadr 1-5 Tentang Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Niken Widya Yunita - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 20:02 WIB
Kalam of The Day, Al Baqarah 185
Surat Al Qadr 1-5 Tentang Keistimewaan Malam Lailatul Qadar (ilustrasi: Mindra P/detikcom)
Jakarta -

Di antara hari-hari selama bulan Ramadhan ada satu yang istimewa, yakni malam Lailatul Qadar. Malam ini lebih baik dari seribu bulan. Keistimewaan malam Lailatul Qadar dijelaskan Allah SWT dalam surat Al Qadr ayat 1-5.

Berikut QS Al Qadr ayat 1-5:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ - ١

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan.)


وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ - ٢

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?


لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ - ٣
Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.


تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ - ٤
Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.


سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ - ٥
Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Diturunkannya surat ini, menurut buku 'StepbyStep Puasa Ramadhan Bagi Orang Sibuk' karya Gus Arifin, sebuah hadis melalui mujahid yang menceritakan, bahwasanya Rasulullah pernah menceritakan tentang seorang lelaki dari kalangan kaum Bani Israil, ia menyandang senjatanya selama seribu bulan untuk berjuang di jalan Allah. Kaum muslimin merasa takjub atas hal tersebut. Maka Allah segera menurunkan firman-Nya:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bukan," (QS Al Qadr 1-3).

Senada dengan Gus Arifin, dai kondang Ustaz Abdul Somad kepada detikcom juga mengungkapkan asal-mula turunnya surat Al Qadr karena umat Nabi Muhammad sedih tidak seperti kaum Bani Israil. Karena itulah turun malam Lailatul Qadar dan menurut Ustaz Abdul Somad, Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan.

"Seribu bulan itu lebih dari 80 tahun," ucap Ustaz Abdul Somad. Dalam buku 'Sukses Berburu Lailatul Qadar oleh Muhammad Adam Hussein, S.Pd, M. QHI, menyebutan, dalam ayat pada surat Al Qadr dijelaskan malam Lailatul Qadar kenapa disebut malam kemuliaan. Lalu dijawab pada ayat 3 Surat Al Qadr yang berbunyi malam Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan.

Jelas di malam itu ketika malaikat-malaikat turun ke bumi maka suasana alam akan berbeda dari biasanya. Lebih hangat dan lebih sejuk daripada sebelumnya.
Selain itu doa-doa yang dipanjatkan kepada Ilahi akan diaminkan oleh malaikat-malaikat tersebut sehingga menjadi mempercepat pengabulan doa hamba-hambaNya. Maka sungguh beruntunglah orang-orang yang ketika malam Lailatul Qadar dapat memohon doa kepada-Nya dengan didoakan pula oleh malaikat-malaikat yang kebetulan sedang bertugas turun ke muka bumi.

(nwy/erd)