Ikatan Alumni UI Buat 3 Rekomendasi Penanganan Corona, Begini Isinya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 13:42 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi Corona (Edi Wahyono)
Jakarta -

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) merilis rekomendasi penanganan Corona (COVID-19) di Indonesia untuk pemerintah. Rekomendasi penanganan COVID-19 ini mencakup tiga sektor, yakni aspek sosial politik dan kelembagaan, aspek kesehatan masyarakat, dan aspek ekonomi.

Rekomendasi ILUNI UI ini tertuang dalam sebuah kertas kerja (worksheet) Policy Center. Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian mengatakan rekomendasi ini merupakan inisiatif para alumni UI terhadap berbagai permasalahan dalam penanganan COVID-19 yang dihadapi pemerintah saat ini.

"ILUNI UI berinisiatif untuk memberikan rekomendasi strategis baik kepada pemerintah, maupun kepada seluruh pemangku kepentingan nonpemerintah, agar sekiranya sumbangsih pemikiran ini dapat menjadi panduan strategis bagi percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia," kata Andre dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/5/2020).

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P-LIPI) Dr. Firman Noor menilai bahwa model Solidaritas Terpimpin yang diusung dalam Kertas Kerja Policy Center sebagai wacana yang tepat dalam penanganan COVID-19.

"Solidaritas Terpimpin merupakan sintesis antara pendekatan China (top-down atau koersif) dan Korea Selatan (public trust)," ujar Firman.

Kertas kerja ini mencoba mengangkat kritik publik terkait sikap pemerintah yang masih menuai pro-kontra dalam menghadapi COVID-19. Salah satunya terlihat ketika publik menyoroti langkah pemerintah di awal yang dinilai tidak memiliki transparansi informasi serta kebijakan publik yang jelas.

Pemerintah pun diminta untuk mencontoh Korea Selatan sebagai salah satu negara yang dinilai sukses dalam menerapkan keterbukaan informasi.

Berikut adalah tiga rekomendasi penanganan COVID-19 di bidang sosial politik, kesehatan masyarakat, serta ekonomi yang diberikan oleh Policy Center ILUNI UI:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2