Kemenag Jelaskan Mekanisme Pindah KUA Saat Nikah di Tengah Pandemi Corona

M Ilman Nafian - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 13:33 WIB
Gedung Kemenag/Istimewa
Foto: Gedung Kemenag/Istimewa
Jakarta -

Direktorat Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) memberikan kelonggaran bagi masyarakat yang kesulitan pulang kampung untuk menikah saat pandemi COVID-19. Kasubdit Mutu, Sarana Prasarana (Sarpras) dan Sistem Informasi Kantor Urusan Agama (KUA) Kemenag, Anwar Saadi mengatakan, calon pengantin yang kesulitan pulang kampung bisa mengganti KUA tempat menikah.

"Nikah di Jakarta pun bisa. Karena sudah ada di sini kan (pasangan calon pengantin). Itu malah lebih mudah karena dia nggak perlu ke sana lagi (kampung)," ujar Anwar dalam acara Talkshow Daftar Nikah di Tengah Pandemi yang disiarkan secara online, Senin (11/5/2020).

Anwar mengatakan, apabila wali nikahnya terkendala untuk datang ke lokasi KUA yang dipindahkan, hal itu bisa diwakilkan. Caranya, wali nikah atau orang tua datang ke KUA terdekat untuk membuat surat berwakil wali. Setelah itu, surat berwakil wali dikirim ke KUA lokasi pernikahan calon pengantin yang dipindahkan.

"Kalau walinya nggak bisa ke Jakarta, bisa juga solusinya dengan surat berwakil wali. Jadi orang tuanya datang ke KUA terdekat sampaikan 'saya akan berwakil wali untuk anak saya yang ada di Jakarta', itu semua ada solusinya insyaAllah," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2