30 Warga Tambora Jalani Swab Test Usai Salat Tarawih Bareng 3 OTG

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 13:15 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Polisi mengevakuasi 30 warga RW 07 Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, untuk menjalani swab test. Hal ini dilakukan setelah warga tersebut melaksanakan salat Tarawih berjemaah di masjid.

"Sebenarnya ini kegiatan Gugus Tugas Kecamatan bidang penanganan. Kami Polsek Tambora dan 3 pilar itu mem-back up mengingat warga yang ada di sekitaran yang sempat kontak fisik dengan yang sebelumnya positif," kata Kapolsek Tambora Kompol Iver Son Mannosoh ketika dihubungi, Senin (11/5/2020).

Polisi membantu proses evakuasi karena awalnya para warga sempat menolak. Evakuasi dilakukan pada Minggu (10/5).

"Warga sekitar yang salat tarawih sudah diminta untuk melakukan rapid test sama puskesmas, tapi nggak mau. Karena nggak mau itu akhirnya kita jemput 30 warga itu," sambungnya.

Iver menjelaskan 30 warga tersebut menjalani swab test setelah salat Tarawih bersama dengan 3 orang tanpa gejala (OTG). Di antara yang melaksanakan salat Tarawih tersebut, 3 orang di antaranya baru ketahuan positif setelah dilakukan swab test.

Petugas kemudian melakukan tracing terhadap ketiga OTG ini, sehingga kemudian dilakukan evakuasi terhadap 30 orang jemaah Tarawih lainnya.