3 Cara Bantu Ringankan Beban #PejuangHidup Meski #DiRumahAja

Abu Ubaidillah - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 11:39 WIB
Donasi
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 saat ini membuat para pejuang hidup tetap berjuang saat yang lain berada di rumah saja. Pejuang hidup ini mulai dari tenaga medis yang membantu mengobati pasien, driver transportasi online, hingga para pedagang agar masyarakat tetap bisa memenuhi kebutuhan hariannya.

Beban mereka tentu sangat berat. Mulai dari dokter yang mengorbankan nyawa hingga driver transportasi online serta pedagang yang mengalami penurunan pendapatan dan ancaman tertular virus Corona.

Bagi yang berada di rumah saja, bisa memberi apresiasi dengan membantu meringankan beban para pejuang hidup. Setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk membantu mereka antara lain:

1. Mematuhi Anjuran Pemerintah untuk PSBB

Syarat utama pemutusan pandemi COVID-19 adalah membatasi jarak dengan orang lain. Sebab COVID-19 bisa mudah menular salah satunya melalui udara. Jadi, dengan mematuhi anjuran pemerintah dengan disiplin PSBB, pandemi COVID-19 bisa segera berakhir.

Bila pandemi COVID-19 berakhir, tentu para pejuang hidup bisa kembali mencari nafkah secara normal tanpa harus takut tertular COVID-19 dan pendapatannya pun akan meningkat kembali seperti semula.

2. Mengajak Masyarakat yang Lain Agar Ikut patuh PSBB

Tak bisa dipungkiri bahwa masih ada beberapa pihak yang tidak mematuhi PSBB. Bahkan ada oknum yang berusaha mudik ke kampung halaman meski telah dilarang.

Ajaklah mereka untuk menahan diri sejenak, sebab semakin cepat dan masif disiplin PSBB diterapkan, penularan COVID-19 akan segera berakhir.

3. Berdonasi

Sebelum pandemi berakhir, para pejuang hidup tetap membutuhkan bantuan donasi. Bagi yang sedang di rumah saja, tetap bisa berdonasi secara online melalui link "Untukmu Pejuang Hidup" dari Fatigon yang bekerja sama dengan Kitabisa.com.

Fatigon juga bekerja sama dengan Traveloka Points, Rumah Zakat, Grab Indonesia, dan Kalbe Corporate untuk mendukung pejuang hidup dengan memberikan donasi ke pedagang kaki lima, driver transportasi online, dan tenaga medis di rumah sakit rujukan Corona berupa 1 juta tablet multivitamin dan kebutuhan kesehatan sehingga mereka tetap sehat dan berstamina menjalankan aktivitasnya di tengah pandemi.

Fatigon mengajak semua pihak berpartisipasi mengawal pejuang hidup "Tetap Sehat, Tetap Semangat Demi Indonesia Terpulihkan".

(prf/ega)