Anies di Pemakaman Djoko Santoso: Beliau Tak Pensiun Pikirkan Bangsa

Kadek Melda Luxiana, Ashri Fathan - detikNews
Minggu, 10 Mei 2020 15:36 WIB
Tangkapan layat video tayangan Anies di akun Youtube Pemprov DKI
Foto: Tangkapan layar video tayangan Anies di akun YouTube Pemprov DKI
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri upacara pemakaman Jenderal (Purn) TNI Djoko Santoso. Anies mengenang almarhum Djoko Santoso adalah orang yang tak pernah pensiun memikirkan bangsa.

Anies, yang datang menggunakan baju koko berwarna biru muda dan peci hitam, mengatakan dirinya mendapatkan kabar duka tersebut pagi tadi. Dalam sepekan terakhir, Anies berkomunikasi dengan istri Djoko Santoso terkait kondisi kesehatan Djoko Santoso.

"Saya mendapatkan kabar tadi pagi kira-kira jam 07.00 WIB bahwa beliau berpulang. Saya seminggu terakhir komunikasi dengan istri almarhum menceritakan perkembangannya," ujar Anies di Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Minggu (10/5/2020).

Anies kemudian mengenang terakhir kali bertemu Djoko Santoso adalah saat almarhum datang ke kantornya. Diakui Anies, Djoko Santoso kerap mampir ke Balai Kota DKI Jakarta.

"Terakhir kali saya berjumpa beliau datang ke kantor saya. Pak Djoko ini almarhum sering mampir ke kantor, sering memberikan nasehat, pengalaman. Beliau adalah orang yang memiliki kecintaan kepada bangsa dan negara itu tanpa syarat. Nomor satu itu selalu bangsa dan negara," lanjutnya.

"Memang beliau sudah pensiun secara resmi tapi almarhum tak pernah pensiun memikirkan bangsa ini," imbuhnya.

Anies juga mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya terhadap kepergian Djoko Santoso.

"Kita percaya almarhum insyaallah ditinggikan derajatnya di sisi Allah. Dan apa yang menjadi dharma baktinya insyaallah akan menjadi pahala tanpa henti untuk almarhum," kata Anies.

Wagub DKI Riza Patria Turut Sampaikan Dukacita

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria turut menyampaikan dukacita atas berpulangnya Djoko Santoso. Riza menilai Djoko sebagai sosok yang mengutamakan kepentingan rakyat.

"Duka kami atas wafatnya mantan Panglima TNI Jend TNI Djoko Santoso. Semoga mendapat surga Allah Swt. Amin," kata Riza melalui akun twitternya @BangAriza seperti yang dilihat detikcom, Minggu (10/5/2020).

"Beliau mengutamakan kepentingan nasional, sangat menghormati yang tua. Rendah hati, mau mendengar orang-orang yang pengalamannya jauh di bawahnya," imbuhnya.

(zlf/zlf)