Ramadhan Saat Pandemi Corona, KBRI Canberra Bagikan Takjil Drive-thru

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 10 Mei 2020 14:14 WIB
Takjil drive-thru di KBRI Canberra. (Dok KBRI Canberra)
Takjil drive-thru di KBRI Canberra. (Dok KBRI Canberra)
Jakarta -

Kedutaan Besar RI Canberra (KBRI Canberra) membagikan takjil bagi warga negara Indonesia (WNI) Canberra saat bulan Ramadhan di tengah pandemi Corona. Uniknya, pembagian takjil dilakukan dengan menerapkan layanan tanpa turun atau drive-thru.

"KBRI Canberra bekerja sama dengan Australia-Indonesia Muslim Foundation-ACT (AIMF-ACT) berinisiatif untuk mengadakan kegiatan 'Takjil Drive-thru' atau pembagian takjil dengan mekanisme layanan tanpa turun (lantatur)," kata Dubes Indonesia Untuk Australia Kristiarto Legowo dalam keterangan tertulis, Minggu (10/5/2020).

KBRI Canberra menjelaskan mekanisme pengambilan takjil melalui drive-thru. Adapun, cara ini sama dengan penerapan drive-thru di restoran makanan siap saji.

Untuk bisa mendapatkan takjil, WNI wajib mendaftarkan diri secara online untuk mendapatkan jadwal pengambilan takjil. Setelah mendapatkan konfirmasi, WNI bisa datang ke kantor KBRI Canberra. Nantinya, petugas akan membagikan hidangan buka puasa dari dalam mobil.

"Masyarakat dan diaspora Indonesia yang tinggal di wilayah Canberra dan sekitarnya yang telah mendaftar online sebelumnya, datang ke KBRI sesuai dengan jadwal yang ditentukan untuk tetap mematuhi pembatasan keramaian. Takjil dan makanan berbuka kemudian disampaikan melalui jendela mobil oleh petugas KBRI yang menggunakan masker dan sarung tangan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan," jelasnya.

Mulai dari kolak pisang hingga nasi rendang dibagikan petugas kepada WNI. Kristiarto berharap kegiatan ini dapat mengobati kerinduan masyarakat Indonesia akan suasana berbuka puasa. Mengingat, saat ini Australia masih menerapkan pembatasan sosial (social distancing) dengan cara melarang masyarakat berkumpul di tempat umum.

Takjil drive-thru di KBRI Canberra. (Dok KBRI Canberra)Takjil drive-thru di KBRI Canberra. (Dok KBRI Canberra)

Selanjutnya
Halaman
1 2