Kenangan Jubir Prabowo Wakili Djoko Santoso Saat Kampanye Prabowo-Sandi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Minggu, 10 Mei 2020 13:39 WIB
Dahnil Anzar Simanjuntak (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Foto: Dahnil Anzar Simanjuntak (Dok detikcom)
Jakarta -

Juru Bicara (Jubir) Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengenang sosok mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso. Dahnil mengaku kerap mewakili Djoko yang saat itu sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

"Selama masa kampanye saya banyak mewakili beliau sebagai Ketua Tim Pemenangan, terutama ketika harus terkait dengan mengisi diskusi publik atau bicara di Media," kata Dahnil melalui akun Twitternya @dahnilanzar seperti yang dilihat detikcom, Minggu (10/5/2020).

Dahnil menuturkan, Djoko memang sosok yang tak ingin tampil di hadapan publik. Karena itu, almarhum kerap memintanya untuk mewakili berbicara di media maupun di diskusi.

"Pak Djoksan berusaha menghindar 'Saya lebih tenang kalau kamu yang bicara nil' begitu katanya. #Djokosantoso," ujar Dahnil

Seperti diketahui, Djoko Santoso meninggal dunia pagi ini. Sebelumnya, dia diketahui sempat menjalani perawatan usai operasi karena pendarahan di otak.

Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto Brigjen Budi Sulistya mengatakan Djoko Santoso meninggal karena penyakit cerebro vascular disease atau lebih dikenal dengan stroke. Sejak dirawat pada Sabtu (2/5) pekan lalu, lanjut Budi, Djoko Santoso sudah dilakukan tes PCR sebanyak 3 kali untuk COVID-19 dan hasilnya negatif.

Djoko Santoso adalah Panglima TNI pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia menjabat Panglima TNI sejak 28 Desember 2007 hingga 28 September 2010.

Pensiun dari militer, Djoko Santoso melanjutkan karier dengan bergabung di Partai Gerindra pada 2015. Dia masuk struktur Dewan Pembina. Pada Pilpres 2019, Djoko Santoso menjadi Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga.

(mae/mae)