Usai Melayat, Sandiaga: Djoko Santoso Tentara Ahli Strategi dan Penuh Dedikasi

Ashri Fathan - detikNews
Minggu, 10 Mei 2020 13:10 WIB
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno di rumah duka melayat Djoko Santoso (Ashri Fathan/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno turut bertakziah ke rumah duka Djoko Santoso. Sandiaga mengenang mantan Panglima TNI itu sebagai sosok yang ahli strategi.

"Yang paling saya ingat kebetulan waktu pilgub, waktu pilgub Pak Djoko itu selalu mengatakan strategi yang paling tepat adalah terjun menemui masyarakat dan jangan pernah lelah menemui masyarakat," ujar Sandiaga di rumah duka di kawasan Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (10/5/2020).

"Oleh karena itu, siapkan strategi dan Pak Djoko ya memberikan nasihat seingat saya turun di lebih dari 1.300 titik kunjungan masyarakat menangkap aspirasi masyarakat, strategi yang sama juga dilakukan pada saat pilpres," imbuhnya.

Sandiaga lantas mengutip pasangannya saat Pilpres 2019, Prabowo Subianto, soal sosok Djoko Santoso. Dia disebut sebagai sosok tentara lapangan yang berdedikasi.

"Dan Pak Djoko ini benar-benar memiliki, seorang yang strategi ulung ya, tadi mengutip Pak Prabowo adalah seorang tentara lapangan, field officer-field officer dan dedicated soldier seorang tentara yang penuh dedikasi dan penuh kontribusi untuk bangsa dan negara," ucapnya.

Sebelumnya Prabowo juga tampak melayat ke rumah duka. Sementara itu rencananya Djoko akan dimakamkan secara militer di San Diego Hills, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Djoko meninggal usai menjalani perawatan pasca-operasi karena pendarahan di otak di RSPAD Gatot Soebroto. Djoko meninggalkan seorang istri bernama Angky Retno Yudianti dan 2 orang anak, yaitu Andika Pandu Puragabaya dan Ardhya Pratiwi Setiowati.

(dhn/dhn)