Warga Keluhkan Layanan Online Refund Tiket Kereta Api, Ini Penjelasan KAI

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 10 Mei 2020 01:13 WIB
Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa
Kepala Humas PT KAI,Eva (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) merespon keluhan warga perihal layanan refund tiket mudik secara online yang dinilai tidak efektif. Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa menjelaskan ada beberapa kemungkinan kendala refund secara online tersebut terjadi.
"Pertama, tiket dibelikan di akun KAI Access orang lain. Lalu, tidak punya rekening bank yang telah bekerjasama (BNI, BRI, Bank Mandiri, BCA, CIMB Niaga), serta nama di rekening bank tidak sesuai dengan nama di tiket. Kemudian, bisa juga disebabkan akibat calon penumpang tidak mengisi kode booking dengan tepat, serta data salah satu penumpang di tiket tidak sesuai dengan akun yang teregistrasi," kata Eva ketika dihubungi, Sabtu (9/5/2020).
Eva menambahkan, salah satu hal penting yang harus diperhatikan masyarakat ketika hendak melakukan refund tiket kereta api secara online lewat aplikasi KAI Access adalah, adanya kesamaan antara nomor identitas diri (KTP) yang diregistrasi di KAI Access dengan nomor identitas yang akan dibatalkan pada tiket.
"Jadi, misalnya pakai nomor KTP saya berarti registrasi di KAI Access juga harus pakai KTP saya. Itu pertama yang harus diperhatikan. Setelah masuk di akun KAI Access secara otomatis nanti ada step-step pembatalannya di situ," tutur Eva.
"Terpenting nomor identitas yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Acces harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket. Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking," sambungnya.
Eva kemudian menjelaskan beberapa langkah sederhana dalam melakukan pembatalan tiket menggunakan aplikasi KAI Access. Setelah calon penumpang masuk di aplikasi KAI Access, maka langkah berikutnya diharapkan memilih menu pembatalan pada salah satu tiket kereta api yang ingin dibatalkan.
"Setelah itu pilih penumpang yang akan dibatalkan dan isi data akun bank untuk pengembalian dana. Pengembalian dana akan diberikan 100 persen, meskipun secara tampilan terdapat biaya pembatalan 25 persen. Setelah proses pembatalan selesai, periksa tiket yang telah dibatalkan pada halaman riwayat," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2