Gegara Corona, Menpora Hentikan Sementara Kompetisi Olahraga Nasional

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 13:48 WIB
Menpora Zainudin Amali gelar rapat dengan para operator liga terkait virus corona. Menpora menyerahkan kebijakan penanggulangan corona kepada cabor masing-masing.
Zainudin Amali (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahara (Menpora) Zainudin Amali mengatakan pihaknya menghentikan sementara kompetisi olahraga nasional yang mengumpulkan orang banyak guna mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Nantinya, kompetisi akan kembali dilaksanakan sesuai dengan arahan Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19.

"Itu yang untuk sepak bola dan itu outdoor kemudian ada kompetisi yang dilakukan di dalam ruangan atau indoor yakni untuk bola basket kompetisi IBL dan untuk bola voli ada Proliga, kita sepakat semua kegiatan ini karena menghadirkan orang yang banyak, ribuan orang bahkan sampai puluhan ribu yang menjadi supporter dan penonton maka kita sepakat untuk kita hentikan untuk sementara," kata Zainudin.

"Dan kapan akan dimulai kembali kompetisi profesional ini? Kita menunggu pengumuman dari gugus tugas. Kalau gugus tugas sampaikan sudah dibuka, sudah dimulai, atau tahapan-tahapannya seperti apa, pasti itu akan kita patuhi," imbuhnya.

Lebih lanjut, Zainudin mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap pelatihan-pelatihan nasional atau Pelatnas yang dilakukan secara mandiri. Dengan adanya pandemi Corona, ia menganjurkan agar para atlit dan pelatih tetap berlatih di rumah secara mandiri.

"Tetapi kepada para atlit dan pelatih tetap kita anjurkan untuk berlatih secara mandiri walaupun tidak akan optimal karena kita tahu bahwa untuk prestasi itu butuh kerjasama tim dan lain sebagainya tetapi kami berpandangan bahwa kami lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan atlet dan pelatih dibanding yang lain-lain. Yang lainnya soal prestasi dan lain sebagainya kita akan urus setelah semuanya selesai," ucap Zainudin.

Menurutnya, masyarakat mulai paham akan pentingnya pencegahan Corona. Beberapa kegiatan dan sarana olahraga seperti Car Free Day ditiadakan oleh pemerintah daerah.

"Nah kemudian untuk olahraga-olahraga yang lain terutama olahraga masyarakat itu sebenarnya tidak ada dari pemerintah ya untuk menghentikan tetapi atas kesadaran sendiri dari masyarakat. Misalnya setiap minggu kita kan ada car free day tetapi oleh kesadaran masyarakat sendiri itu berhenti tapi itu jangan mengurangi keinginan kita untuk berolahraga. Tentu tempatnya saja yang kita pindah," ujar Zainudin.

Selain itu, Zainudin meminta masyarakat agar tetap berolahraga meskipun berada di rumah. Menurutnya, olahraga dapat membuat masyarakat memiliki sistem imun yang baik sehingga tidak mudah terpapar COVID-19.

"Saya ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa olahraga adalah satu hal yang penting yang harus dilakukan oleh masyarakat tengah-tengah pandemi COVID-19 ini karena dengan olahraga maka masyarakat bisa bugar dan dengan kebugaran itu daya tahannya akan meningkat dan kalau setiap orang yang mempunyai daya tahan yang bagus maka pasti dia imun terhadap berbagai hal yang akan masuk ke dalam tubuhnya termasuk virus," tutur Zainudin.

Menpora: Seluruh Kegiatan Olahraga di RI Dihentikan Sementara:

(isa/isa)