Pebisnis Kuliner Ini Beberkan Tips Bertahan Saat Pandemi COVID-19

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 11:53 WIB
Grab Indonesia
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Meluasnya pandemi COVID-19 memberikan dampak ke seluruh sektor perekonomian. Wabah ini bahkan mematikan sebagian aspek ekonomi dan bisnis. Selain banyak para pekerja yang di-PHK atau dirumahkan, beberapa pebisnis juga terpaksa menghentikan usahanya untuk sementara waktu.

Meski demikian tidak bagi salah satu pebisnis usaha kuliner bernama Fitri Saniatul Hasanah. Ia tetap melanjutkan bisnisnya di tengah pandemi COVID-19.

Awalnya Fitri sempat ingin menutup bisnisnya sementara waktu, tetapi tersadar banyak orang yang juga bergantung dari bisnis bernama Vidikitchen miliknya.

"Aku sempat berfikir menutup usaha sementara, tapi tersadar, ada orang lain bergantung pada bisnis ini, seperti pegawai dan pengemudi Grab Express," ungkapnya dalam Instagram Grab Indonesia, dikutip Sabtu (9/5/2020).

Tetap menjalani bisnisnya di tengah wabah COVID-19, Fitri membagikan tipsnya untuk para pebisnis lainnya. Pasalnya, ia menyadari bahwa bidang kuliner merupakan bisnis yang sensitif, apalagi di saat seperti ini.

Ia mengungkapkan kebersihan makanan menjadi kuncinya. Jika lalai terhadap kebersihannya, maka nama baik brand menjadi taruhannya.

"Aku tegas pada pegawai soal kebersihan, apalagi di saat ini. Nggak boleh lupa semprot disinfektan, di dapur, peralatan harus selalu dicuci dan diletakkan di mesin sterilisasi supaya higienis dan pegawai Vidikitchen wajib pakai masker dan sarung tangan. Semuanya jadi terjaga tetap sehat," ujarnya.

Terkait banyaknya para pebisnis yang memanfaatkan layanan GrabExpress seperti Fitri, Grab sendiri telah menambah fasilitas GrabAssistant di GrabExpress untuk membeli makanan serta barang. Hal ini merupakan salah satu cara Grab agar roda perekonomian tetap berjalan di masa pandemi ini.

Berbeda dengan GrabMart, GrabAssistant membuat pengguna bisa belanja kebutuhan terkait bisnisnya dari toko kelontong terdekat. Namun, pengguna harus pastikan alamat toko dan nomor telepon toko tercantum jelas. Fitur baru ini bisa digunakan di beberapa wilayah yaitu, Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Semarang, Bali, Yogyakarta, Balikpapan, dan Manado.

Saat menggunakan GrabAssistant, pengguna juga bisa memilih layanan yaitu, GrabAssistant Car atau GrabAssistant Bike. Selain itu, Grab juga sering menghadirkan berbagai promo menarik. Untuk promo Grab, Anda bisa lihat pada lama "My Rewards" pada aplikasi Grab.

(prf/ega)