Bandara Soetta Temukan 11 Penumpang dari Italia Positif Virus Corona

Antara - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 00:01 WIB
Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) resmi melayani penerbangan internasional, Senin (1/5/2017). Garuda Indonesia jadi maskapai pertama yang melayani penerbangan rute luar negeri di terminal yang sebelumnya bernama Terminal 3 Ultimate tersebut.
Bandara Internasional Soetta (Grandyos Zafna/detikcom)

Untuk lebih memperketat pengawasan kesehatan di Bandara Soetta, Anas mengatakan semua penumpang, baik domestik maupun internasional, wajib menyertakan surat sehat dari fasilitas kesehatan sebelum terbang.

"Kalau untuk di penerbangan internasional, mulai hari ini sudah berlaku protokol kesehatan yang baru untuk kedatangan internasional. Kalau untuk domestik sama, salah satu syarat surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan. Kalau mereka enggak punya itu, enggak berangkat," katanya.

Selain itu, kru harus dipastikan sehat dengan menyertakan surat keterangan sehat dan bebas COVID-19 agar tidak menimbulkan risiko menularkan ke penumpang.

Anas mengatakan hal itu merujuk pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19, Surat Edaran, Surat Edaran Nomor 19 Tahun 2020 dan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020.


(zak/zak)