Influencer Ini Bagikan Tips Tetap Produktif Saat Pandemi COVID-19

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 21:22 WIB
Grab
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat kegiatan masyarakat menjadi terbatas, seiring dengan imbauan untuk berdiam di rumah jika tidak ada urusan mendesak. Tapi, ketidakleluasaan beraktivitas bukan alasan untuk berhenti berinovasi, malah bisa membuka peluang untuk mengembangkan diri.

Seorang social media influencer Ainun Chomsun memandang, banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama di rumah. Ia menceritakan, bagaimana dia dan teman-temannya sesama pekerja kreatif membuat film pendek bersama Grab dari rumah masing-masing.

Dalam pembuatan Film yang menggambarkan beragam solusi untuk menghadapi Ramadhan saat pandemi itu, terang Ainun, sutradara dan kru mengarahkan para talent secara online. Properti shooting semuanya dikirim dengan GrabExpress ke rumah talent. Semua yang terlibat mencurahkan kreativitas, hingga jadilah sebuah karya yang berkualitas meskipun dibuat dalam keterbatasan.

"Sesungguhnya inilah yang disebut kreativitas, bisa menghasilkan karya dalam kondisi serba terbatas dengan hasil yang bagus," kata Ainun.

Kalau membuat film saja bisa dari rumah, artinya begitu banyak aktivitas lain yang juga bisa dilakoni. Ainun mencontohkan, situasi pandemi di mana orang-orang lebih banyak di rumah membuka peluang untuk membuka bisnis online.

"Amati perubahan yang terjadi, termasuk pola konsumsi saat ini. Bagaimana mereka belanja, produk dan jasa apa yang banyak dicari, dan perhatikan cara orang-orang menjalani kehidupannya sekarang," imbuh Ainun.

Produk frozen food, kata dia, salah satu peluang bisnis yang layak dicoba karena masyarakat butuh stok makanan agar tak sering pergi berbelanja. Lalu menjelang Idul Fitri, bisnis hantaran lebaran atau kartu ucapan digital berpotensi ramai diminati.

Ainun menambahkan, urusan pengantaran produk bisa mengandalkan layanan GrabExpress. Tetap di rumah, lanjutnya, tidak menutup jalan untuk berbisnis dan meraup keuntungan meskipun banyak keterbatasan.

Selain berbisnis, waktu senggang di rumah pun dapat dimanfaatkan untuk mengikuti kursus online. Kegiatan itu, kata Ainun, bisa menunjang karir atau bisnis.

Banyak juga aktivitas menyenangkan selama di rumah. Ainun mengatakan, saling berkirim makanan bersama teman tetap bisa dilakukan saat Ramadhan. Caranya saja yang disesuaikan, misalnya membeli makanan lewat GrabFood lalu kirim ke teman, sekaligus berbagi dengan membelikan makanan untuk driver di menu mitra khusus pengantaran yang tersedia di aplikasi Grab.

"Intinya jangan hanya diam dan menunggu. Banyak hal bisa dikerjakan termasuk melakukan hal menggembirakan," kata Ainun.

Ainun merupakan sosok figur yang mampu menyikapi keterbatasan saat pandemi COVID-19, menjadi peluang bermanfaat dan mendatangkan keuntungan. Keseruan Ramadhan ala Ainun bisa juga kamu lihat di sini.

(akn/ega)