Hendropriyono: Ini Saatnya Rekrut Atlet MMA untuk Ringkus Pelanggar PSBB

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 19:42 WIB
Gambar ilustrasi: Hendropriyono mewacanakan perekrutan petarung MMA untuk tertibkan pembandel PSBB. (Repro detikcom)
Gambar ilustrasi: Hendropriyono mewacanakan perekrutan petarung MMA untuk menertibkan pembandel PSBB. (Repro detikcom)
Jakarta -

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono menilai TNI dan Polri kurang keras menindak para pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hendropriyono punya ide untuk merekrut atlet seni bela diri campuran (MMA) guna mengatasi orang-orang yang berani melanggar PSBB.

"Saya kira sudah saatnya kini, secara sistemik, merekrut para atlet MMA (mixed martial arts), untuk memperkuat kepercayaan masyarakat," kata Hendropriyono dalam keterangannya kepada detikcom, Jumat (8/5/2020).

Atlet MMA dinilainya bisa meringkus pelanggar aturan tanpa menyakiti secara berlebihan. Sejak 1986, aparat Polri dan TNI merekrut kalangan petinju, karateka, judoka, pesilat, dan praktisi bela diri lainnya untuk menertibkan orang-orang.

"Selama PSBB dan dalam waktu dekat ini, para atlet MMA dapat diperbantukan ke para petugas patroli. Saya yakin tidak akan ada yang menantang-nantang lagi ke para petugas," ujar Hendro.

Sebagaimana diketahui, ajang pertarungan MMA pada umumnya ditampilkan dalam bentuk tarung satu lawan satu di dalam ring. Lalu bagaimana bila atlet MMA menghadapi banyak orang di dalam 'ring' PSBB?

"Kalau pelawan banyak jumlahnya, brigade anjing K9 juga dapat dikerahkan," kata Hendro.

Selanjutnya
Halaman
1 2